Sapdi, Rohmat Mulyana (2009) Optimalisasi pemberdayaan madrasah. Aneka Ilmu, Semarang. ISBN 9789790489271
|
Text
TapScanner 06-04-2023-11꞉24.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan dinamika perkembangan zaman dan kebijakan Spendidikan, madrasah perlu menyesuaikan diri dengan kondisi aktual yang terjadi. Zaman yang kian mengglobal dan pendulum kebijakan bergeser pada upaya pemberdayaan lembaga pendidikan perlu direspon madrasah dengan melakukan penataan sistemik untuk mengatasi segala kekurangan yang terjadi selama ini. Madrasah dituntut mampu menampilkan perannya sebagai wahana pembentukan akhlak mulia sekaligus sebagai penyiapan generasi yang melek ilmu pengetahuan dan teknologi. Dua peran ini sesungguhnya telah menem patkan madrasah pada peluang dan tantangan yang sama kuatnya. Buku ini mencoba menjawab beberapa peluang dan tantangan yang dihadapi madrasah dari berbagai sisi pengembangan pembelajaran dan manajemen agar madrasah dapat lebih diberdayakan. Bagian awal buku ini mengetengahkan konsep fitrah sebagai energi kehidupan manusia yang pengembangannya dapat dipupuk di lingkungan madrasah. Bagian berikutnya menjelaskan sejumlah pemikiran dan inovasi yang dapat meningkatkan kualitas layanan akademik di madrasah beserta faktor faktor yang melingkupinya. Pada bagian pendidikan nilai dan karakter, penulis mencoba mengembangkan sebuah model pembelajaran dalam konstruk NILAI yang dapat membantu guru dalam mengajarkan makna - makna kehidupan melalui pendidikan agama Islam. Selain itu, pemikiran informatif ihwal kompetensi dan penghargaan guru, manajemen dan kepimpinan madrasah, serta peran dosen LPTK juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari isi buku ini. Penulis menyadari masih banyak yang belum sempat diungkapkan dalam buku ini berkenaan dengan peluang , tantangan, dan kebutuhan madrasah saat ini dan masa mendatang. Meski begitu , terbitnya buku ini diharapkan dapat melengkapi informasi tentang madrasah yang sebenarnya masih langka. Ketersediaan informasi ini juga diharapkan menyadarkan kita pada pentingnya peningkatan mutu pendidikan madrasah yang tentu saja membutuhkan keterlibatan semua pihak.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemberdayaan madrasah ; pembelajaran; kompetensi guru |
Subjects: | Education > Ethical Education Secondary Education > Secondary Education in Indonesia Adult Education Adult Education > Adult Education in Indonesia Accounting > Education, Research of Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | LP2M UIN SGD BANDUNG |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 06:49 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 07:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66737 |
Actions (login required)
View Item |