Optimalisasi pemberdayaan madrasah

Sapdi, Rohmat Mulyana (2009) Optimalisasi pemberdayaan madrasah. Aneka Ilmu, Semarang. ISBN 9789790489271

[img]
Preview
Text
TapScanner 06-04-2023-11꞉24.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan dinamika perkembangan zaman dan kebijakan Spendidikan, madrasah perlu menyesuaikan diri dengan kondisi aktual yang terjadi. Zaman yang kian mengglobal dan pendulum kebijakan bergeser pada upaya pemberdayaan lembaga pendidikan perlu direspon madrasah dengan melakukan penataan sistemik untuk mengatasi segala kekurangan yang terjadi selama ini. Madrasah dituntut mampu menampilkan perannya sebagai wahana pembentukan akhlak mulia sekaligus sebagai penyiapan generasi yang melek ilmu pengetahuan dan teknologi. Dua peran ini sesungguhnya telah menem patkan madrasah pada peluang dan tantangan yang sama kuatnya. Buku ini mencoba menjawab beberapa peluang dan tantangan yang dihadapi madrasah dari berbagai sisi pengembangan pembelajaran dan manajemen agar madrasah dapat lebih diberdayakan. Bagian awal buku ini mengetengahkan konsep fitrah sebagai energi kehidupan manusia yang pengembangannya dapat dipupuk di lingkungan madrasah. Bagian berikutnya menjelaskan sejumlah pemikiran dan inovasi yang dapat meningkatkan kualitas layanan akademik di madrasah beserta faktor faktor yang melingkupinya. Pada bagian pendidikan nilai dan karakter, penulis mencoba mengembangkan sebuah model pembelajaran dalam konstruk NILAI yang dapat membantu guru dalam mengajarkan makna - makna kehidupan melalui pendidikan agama Islam. Selain itu, pemikiran informatif ihwal kompetensi dan penghargaan guru, manajemen dan kepimpinan madrasah, serta peran dosen LPTK juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari isi buku ini. Penulis menyadari masih banyak yang belum sempat diungkapkan dalam buku ini berkenaan dengan peluang , tantangan, dan kebutuhan madrasah saat ini dan masa mendatang. Meski begitu , terbitnya buku ini diharapkan dapat melengkapi informasi tentang madrasah yang sebenarnya masih langka. Ketersediaan informasi ini juga diharapkan menyadarkan kita pada pentingnya peningkatan mutu pendidikan madrasah yang tentu saja membutuhkan keterlibatan semua pihak.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan madrasah ; pembelajaran; kompetensi guru
Subjects: Education > Ethical Education
Secondary Education > Secondary Education in Indonesia
Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: LP2M UIN SGD BANDUNG
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:49
Last Modified: 12 Apr 2023 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66737

Actions (login required)

View Item View Item