Penerapan kode etik jurnalistik pada wartawan Harian Tribun Jabar : Studi fenomenologi tentang kode etik jurnalistik pasal 6

Nuraini, Ai Sani (2023) Penerapan kode etik jurnalistik pada wartawan Harian Tribun Jabar : Studi fenomenologi tentang kode etik jurnalistik pasal 6. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy

Abstract

Bagi seorang wartawan, Kode Etik Jurnalistik merupakan sebuah pedoman dan rambu-rambu pertama dalam melaksanakan tugas kejurnalistikannya. Sebelum terjun ke lapangan wartawan harus memahami dengan baik apa itu kode etik jurnalistik, untuk kemudian semua pasal dari kode etik jurnalistik itu diterapkan dalam kegiatan di lapangan. Wartawan dan kode etik jurnalistik adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Wartawan memiliki tanggungjawab sosial terhadap masyarakat untuk menyampaikan informasi yang telah diperolah, dan dalam pelaksanaannya kode etik jurnalistik harus menjadi tolak ukur utama seorang wartawan dalam menjalankan profesinya. Peneliti tertarik untuk meneliti Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pasal 6 pada Wartawan Harian Tribun Jabar, karena surat kabar Harian Tribun Jabar sebagai salah satu surat kabar terkemuka di Jawa Barat dengan eksistensi dan daya saing tinggi, maka kita perlu melihat seberapa profesional wartawan Harian Tribun Jabar dalam melaksanakan tugas kejurnalistikannya Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Kode Etik Jurnalistik pada wartawan Harian Tribun Jabar yang meliputi beberapa aspek yaitu (pemahaman, pemaknaan, dan pengalaman). Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi yang berusaha menggambarkan suatu peristiwa dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Metode ini memahami pengalaman seseorang secara langsung dan dapat memaknai atas tindakan yang dilakukannya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa hal yaitu: 1. Pemahaman wartawan Harian Tribun Jabar terhadap Kode Etik Jurnalistik pasal 6 terbagi menjadi tiga kategori, (a). Informan yang memahami Kode Etik Jurnalistik pasal 6 sebagai pedoman. (b). Informan yang memahami Kode Etik Jurnalistik pasal 6 sebagai batasan. (c). Informan yang memahami Kode Etik Jurnalistik pasal 6 sebagai aturan. 2. Pemaknaan waratwan Harian Tribun Jabar terhadap Kode Etik Jurnalistik pasal 6 terbagi menjadi dua kategori yaitu, (a). Informan memaknai Kode Etik Jurnalistik pasal 6 dinilai masih ambigu. (b). Informan memaknai wartawan yang telah menerapakan Kode Etik Jurnalistik pasal 6 sebagai profesi yang terhormat. 3. Pengalaman wartawan Harian Tribun Jabar terhadap penerapan kode etik jurnalistik pasal 6, informan pernah mengalami praktek suap di lapangan namun semua informan mampu menolak dengan baik dan mengembalikan kembali pemberian dari narasumber.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wartawan; Suap dan Kode Etik Jurnalistik.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Occupational Ethics > Business Ethics
Ethics of Recreation, Public Performances, Communication
Ethics of Social Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ai Sani Nuraini
Date Deposited: 23 May 2023 06:22
Last Modified: 23 May 2023 06:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66742

Actions (login required)

View Item View Item