Iqbal, Tubagus Mohammad (2018) Penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstarct (CRA) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas VIII SMPN Satu Atap 2 Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (871kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (a) Mengetahui gambaran proses pembelajaran matematika menggunakan pendekatan CRA; (b) Mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa pada setiap siklus yang menerapkan pendekatan CRA; (c) Mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa setelah mengikuti seluruh siklus yang menerapkan pendekatan CRA; dan (d) Mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menerapkan pendekatan CRA. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa tes setiap siklus, tes akhir seluruh siklus, dan data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket skala Likert, dokumentasi, dan catatan lapangan pribadi. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapat hasil: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya menjadi sangat baik. (b) Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 68,5 dengan kategori cukup, meningkat menjadi 72,8 dengan kategori baik. (c) Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran seluruh siklus memiliki kategori baik yaitu sebesar 75,3. (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CRA menunjukkan respon positif pada setiap aspeknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Concrete-Representational-Abstract; Komunikasi Matematika |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Tubagus Mohammad Iqbal |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 04:07 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6675 |
Actions (login required)
View Item |