Penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstarct (CRA) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas VIII SMPN Satu Atap 2 Salopa Kabupaten Tasikmalaya

Iqbal, Tubagus Mohammad (2018) Penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstarct (CRA) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas VIII SMPN Satu Atap 2 Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (a) Mengetahui gambaran proses pembelajaran matematika menggunakan pendekatan CRA; (b) Mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa pada setiap siklus yang menerapkan pendekatan CRA; (c) Mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa setelah mengikuti seluruh siklus yang menerapkan pendekatan CRA; dan (d) Mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menerapkan pendekatan CRA. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa tes setiap siklus, tes akhir seluruh siklus, dan data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru, angket skala Likert, dokumentasi, dan catatan lapangan pribadi. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapat hasil: (a) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya menjadi sangat baik. (b) Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 68,5 dengan kategori cukup, meningkat menjadi 72,8 dengan kategori baik. (c) Rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran seluruh siklus memiliki kategori baik yaitu sebesar 75,3. (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CRA menunjukkan respon positif pada setiap aspeknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Concrete-Representational-Abstract; Komunikasi Matematika
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tubagus Mohammad Iqbal
Date Deposited: 12 Mar 2018 04:07
Last Modified: 12 Mar 2018 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6675

Actions (login required)

View Item View Item