Pengaruh pendapatan investasi dan pengelolaan ujrah serta pendapatan underwriting terhadap laba PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia Unit Usaha Syariah periode 2018-2020

Akmal, Wulan Nurul (2022) Pengaruh pendapatan investasi dan pengelolaan ujrah serta pendapatan underwriting terhadap laba PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia Unit Usaha Syariah periode 2018-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Laba merupakan penghasilan bersih yang didapatkan dari aktivitas perusahaan. Laba merupakan salah satu alat ukur untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional usahanya. Faktor yang mempengaruhi kenaikan Laba pada asuransi syariah adalah variabel Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah serta Pendapatan Underwriting. Namun pada laporan keuangan PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia Unit Usaha Syariah Periode 2018-2020 terdapat beberapa data yang tidak sesuai dengan teori Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah serta Pendapatan Underwriting naik maka Laba mengalami kenaikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah terhadap Laba secara parsial; untuk mengetahui Pendapatan Underwriting terhadap Laba secara parsial; untuk mengetahui Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah serta Pendapatan Underwriting terhadap Laba secara simultan pada PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia Unit Usaha Syariah Periode 2018-2020. Kerangka teori dari penelitian ini bahwa Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah serta Pendapatan Underwriting berpengaruh positif terhadap Laba, artinya jika Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah serta Pendapatan Underwriting naik maka Laba pun akan mengalami penaikan, begitupun sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder merupakan data yang bersumber dari laporan keuangan yang diperoleh dari website resmi PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia Unit Usaha Syariah Periode 2018-2020. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis uji asosiatif berupa regresi linier, uji korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis berupa Uji T dan Uji F. Merujuk pada perolehan analisis serta pengujian statistik data yang telah diuji; 1) Secara parsial Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah berpengaruh negatif terfadap Laba, dengan nilai thitung < ttabel yaitu -0,990 < 2,228. Secara parsial Pendapatan Underwriting berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba, dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,100 < 2,228. 3) Secara simultan Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah serta Pendapatan Underwriting berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba dengan nilai fhitung < ftabel yaitu 0,697 < 4,26. Besarnya pengaruh Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah serta Pendapatan Underwriting terhadap Laba yaitu sebesar 13,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Investasi dan Pengelolaan Ujrah; Pendapatan Underwriting; Laba
Subjects: Financial Economics, Finance
Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Wulan Nurul Akmal
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:02
Last Modified: 10 Apr 2023 01:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66763

Actions (login required)

View Item View Item