Etika Bisnis Islam dikalangan Pedagang Pasar Manaqib TQN Suryalaya

Jamaludin, Jamaludin and Gojali, Dudang (2018) Etika Bisnis Islam dikalangan Pedagang Pasar Manaqib TQN Suryalaya. Mutawasith : Jurnal hukum Islam, 1 (1). pp. 1-18. ISSN 27234681

[img]
Preview
Text
18_ - Jamaludin - Ind.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18_ - Jamaludin - Ind_turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/mutawasith/ar...

Abstract

Etika bisnis merupakan studi mengenai moral yang benar atau salah. Orang berbisnis bertujuan mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, bahkan menggunakan cara yang tidak etis. Hukum ekonomi klasik konvensional mengendalikan modal sekecil mungkin dan mengeruk keuntungan sebesar mungkin. Sehingga menjadikan para pelaku bisnis menghalalkan segalanya. Tidak mengherankan jika para pelaku bisnis tidak memperhatikan tanggungjawab sosial dan etika bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bisnis Islam serta mengetahui prilaku para pedagang di pasar manaqib sudah sesuai dengan etika bisnis Islam. Penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data dari berbagai sumber: buku, majalah, jurnal ataupun karya tulis lainnya lalu didukung dengan observasi atau pengamatan langsung serta wawancara lalu kemudian menyimpulkannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan yuridis normatif. Pendekatan yuridis normatif adalah pendekatan yang dilakukan berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah teori-teori, konsepkonsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa para pedagang mengerti etika berjualan yang baik dengan menawarkan barang secara jujur, amanah, sopan, serta tidak menyembunyikan barang cacat. Apabila dititipi barang dagangan oleh pedagang lain mereka menjaganya dengan baik. Para pedagang merupakan pedagang yang beretika bisnis Islam, karena hampir semua pedagang di pasar manaqib sudah menerapkan landasan-landasan etika bisnis Islam pada pelaksanaan bisnisnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bisnis, etika, islam, manaqib, pasar
Subjects: Occupational Ethics > Business Ethics
Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Dudang Gojali
Date Deposited: 12 Apr 2023 08:54
Last Modified: 12 Apr 2023 08:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66880

Actions (login required)

View Item View Item