Manajemen Pondok Pesantren dalam mempersiapkan sumber daya santri yang berkualitas : Studi deskriptif di Pesantren Wasilatul Huda Cicalengka

Hasanudin, Arfi Amirul (2022) Manajemen Pondok Pesantren dalam mempersiapkan sumber daya santri yang berkualitas : Studi deskriptif di Pesantren Wasilatul Huda Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_cover)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_Daftar isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_Bab 1)
4_BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (5_Bab 2)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (6_Bab 3)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (7_Bab 4)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (8_Daftar Pustaka)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren pada umumnya sering disebut dengan pendidikan islam tradisional dimana seluruh santri tinggal bersama dan belajar bersama dibawah bimbingan seorang kyai. Setiap pondok pesantren memiliki tujuan untuk membentuk sumberdaya santri yang berkualitas dengan menerapkan metode pembelajaran yang baik, menempatkan guru atau ustadz sesuai dengan bidangnya dan membuat kurikulum pondok pesantren sesuai dengan kebutuhan para santri. Pondok pesantren Wasilatul Huda merupakan pondok pesantren yang memiliki tujuan melahirkan kader-kader ulama ahli sunnah waljama’ah yang bertafaquh fiddin dan beramal ilmiah yang berlandaskan Al-Quran dan As-Sunnah. Pokok masalah dari penelitian ini adalah tentang bagaimana perencanaan pondok pesantren Wasilatul Huda, pengorganisasian pondok pesantren Wasilatul Huda, pelaksanan pondok pesantren Wasilatul Huda, dan bagaimana pengawasan dan evaluasi pondok pesantren Wasilatul Huda dalam mempersiapkan sumber daya santri yang berkualitas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pondok pesantren Wasilatul Huda, pengorganisasian pondok pesantren Wasilatul Huda, pelaksanan pondok pesantren Wasilatul Huda, serta untuk mengetahui pengawasan dan evaluasi pondok pesantren Wasilatul Huda dalam mempersiapkan sumber daya santri yang berkualitas. Kerangka konseptual yang digunakan yaitu manajemen pondok pesantren, fungsi pondok pesantren, tujuan pesantren, dan elemen – elemen pondok pesantren. Manajemen pondok pesantren meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk mengeksplorasi dan memotret bagaimana penerapan fungsi manajemen dalam mempersiapkan sumber daya santri yang berkualitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Dimana data yang didapatkan berupa penjelasan secara lisan maupun tulisan mengenai penerapn fungsi manajemen pondok pesantren wasilatul huda dalam mempersiapkan sumber daya santri yang berkualitas. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil data penelitian yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan bahwa dalam mempersiapkan sumberdaya santri yang berkualitas, Penentuan metode dan program untuk mempersiapkan sumber daya santri yang berkualitas yang di pilih pimpinan pondok pesantren Wasilatul Huda yaitu pada proses transfer ilmu dan peningkatan kemampuan dakwah para santri. Dalam penentuan metode dalam peningkatan kualitas para da’i, menggunakan metode takror, bandongan, dan tarbiyatul mubalighin. Kemudian penentuan program yang dikembangkan, meliputi pengembangan pondok pesantren, madrasah, ekstrakulikuler di pesantren dan madrasah serta pembinaan dan pengembangan organisasi santri dan masyarakat. Bentuk pelaksanaan dan evaluasi yaitu tarbiyatul mubalighin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen; pondok pesantren;
Subjects: General Management > Data Processing and Analysis of Management
General Management > Education, Research of Management
General Management > Elements of Personnel Management
General Management > Decision Making Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: arfi amirul arfi
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:30
Last Modified: 13 Apr 2023 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66891

Actions (login required)

View Item View Item