Mekanisme Pasar Menurut Pemikiran Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Khaldun

Gojali, Dudang and Agustin, Afiqoh and Nazar, Reza Fauzi (2022) Mekanisme Pasar Menurut Pemikiran Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Khaldun. BRANDING: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1 (2). pp. 18-33. ISSN 2963-8852

[img]
Preview
Text
24_ - Afiqoh Agustin-dudang - Ind.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
24_ - Afiqoh Agustin-dudang - Ind_turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/branding/ar...

Abstract

Pasar adalah suatu aktivitas pembentukan harga suatu barang yang terjadi malalui mekanisme tertentu. Pasar sangat berperan dalam peningkatan perekonomian suatu Negara. Mekanisme pasar sendiri merupakan proses penentuan harga dalam suatu pasar bebas yang didasarkan oleh kekuatan permintaan (demand) dan penawaran (supply), atau penentuan harga yang disebakan oleh suatu proses tarik menarik antara produsen dan konsumen yang bertemu dipasar. Dalam sejarah pemikiran ekonomi islam terdapat beberapa ilmuan muslim yang membahas tentang mekanisme pasar, antar lain Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Khaldun. Ibnu Taimiyah (661 H – 728 H) sangat menutamakan pasar bebas dimana mekanisme pasar terjadi secara alami yaitu terjadi ketika harga ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Ibnu Khaldun (732H/808H) merupakan bapak ekonomi islam, Beliau mendukung adanya pasar terbuka yang dilandasi oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Beliau juga berpendapat bawa harga juga dipengaruhi oleh cukai atau bea/pajak, jumlah penduduk, kondisi pasar dan kebutuhan terhadap barang pokok atau pelengkap.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pasar, Mekanisme Pasar, Ibnu Taimiyyah,
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Dudang Gojali
Date Deposited: 12 Apr 2023 09:00
Last Modified: 12 Apr 2023 09:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66896

Actions (login required)

View Item View Item