Manajemen peningkatan mutu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bogor

Ramadhan, Syahrul (2023) Manajemen peningkatan mutu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bogor. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Upaya Peningkatan mutu pendidikan dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Perubahan dan perkembangan masyarakat sebagai pelanggan pendidikan menuntut madrasah untuk mampu mengelola lembaganya secara dinamis, kreatif, inovatif. Dengan tujuan mutu pendidikan madrasah tetap terjaga, baik inputproses-output dan outcame-nya sesuai dengan standar mutu nasional sesuai dengan tuntutan zaman, madrasah telah menerapkan manajemen peningkatan mutu terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konsep perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut manajemen peningkatan mutu Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bogor dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, obsevasi non-partisipan, dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas, transferabilitas, dependenabilitas, dan confirmabilitas. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis siklus Milles Huberman, proses dimulai reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan, dan selanjutnya dilakukan analisis lintas kasus. Hasil penelitian menunjukkan, peran serta seluruh komponen di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bogor dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bogor mengacu pada visi misi madrasah. Pelaksanaan dan pengendalian dilakukan oleh seluruh komponen sekolah/madrasah dengan dikendalikan oleh kepala Madrasah. Dampak pada terhadap lembaga yakni akreditasi memperoleh predikat unggul, kebijakan peningkatan mutu lulusan dan kompetensi Sumber Daya Manusia guru, jumlah pendaftar dan kepercayaan masyarakat meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Peningkatan Mutu; Madrasah Aliyah
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syahrul Ramadhan
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:37
Last Modified: 17 Apr 2023 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66959

Actions (login required)

View Item View Item