Kegiatan Cyber Public Relations Yayasan Daarut-Tauhiid pada media sosial instagram

Mubarok, Muhammad Fahmil (2023) Kegiatan Cyber Public Relations Yayasan Daarut-Tauhiid pada media sosial instagram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini public relations dihadapkan dengan tantangan memanfaatkan internet, internet menjadi sarana efektif public relations untuk melakukan kegiatannya dalam mendapatkan citra yang baik dan memelihara reputasi perusahaan atau instansi yang disebut sebagai cyber public relations. Instagram sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan menjadi pilihan banyak instansi atau lembaga untuk membangun dan menjaga eksistensinya. Yayasan Daarut-Tauhiid memanfaatkan media sosial instagram sebagai sarana untuk meningkatkan citra positif yayasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan cyber public relations Yayasan Daarut-Tauhiid pada pengelolaan akun instagram @daarut.tauhiid melalui tahap; 1) Membagikan (Share), 2) Mengoptimalkan (Optimize), 3) Mengelola (Manage), dan 4) Melibatkan (Engage). Penelitian ini menggunakan konsep The Circular Model Of Some For Social Communication yang digagas oleh Regina Luttrell. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, serta paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan akun instagram @daarut.tauhiid memilki empat tahapan yaitu: 1) Membagikan (Share) yaitu Yayasan Daarut-Tauhiid memanfaatkan platform media sosial instagram sebagai media informasi, komunikasi, dan dakwah islam. 2) Mengoptimalkan (Optimize) yaitu upaya Yayasan Daarut-Tauhiid memaksimalkan penyampaian informasi dengan memproduksi beragam jenis konten, dan peningkatan kualitas konten. 3) Mengelola (Manage) yaitu Yayasan Daarut-Tauhiid melakukan pembuatan konten dan penggunaan fitur-fitur instagram. 4) Melibatkan (engage), yaitu upaya Yayasan Daarut-Tauhiid melibatkan publik yang berada di lingkungan Yayasan Daarut-Tauhiid dan masyarakat yang menjadi sasaran pembuatan konten. Pengelolaan media sosial instagram tersebut dilakukan sebagai media komunikasi lembaga terhadap khalayak pengguna media sosial instagram, supaya meningkatkan kepercayaan terhadap Yayasan Daarut-Tauhiid. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam kajian ilmu kehumasan terkait cyber public relations pada pengelolaan media sosial instagram suatu lembaga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instagram; Yayasan Daarut-Tauhiid; Cyber Public Relations.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Fahmil Mubarok
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:39
Last Modified: 17 Apr 2023 01:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66965

Actions (login required)

View Item View Item