Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif Kepala Sekolah dan motivasi kerja Guru terhadap kepuasan kerja Guru pada Pendidikan Dasar Se-Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Sutisna, Sutisna (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif Kepala Sekolah dan motivasi kerja Guru terhadap kepuasan kerja Guru pada Pendidikan Dasar Se-Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja merupakan beberapa variabel yang turut mempengaruhi kepuasan kinerja guru. Untuk mencapai keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah diperlukan pengetahuan dan kemampuan menciptakan situasi dan iklim kerja yang kondusif, sehingga menimbulkan motivasi pada guru. Selain memotivasi juga harus mampu memberikan suri tauladan atau contoh yang baik kepada bawahan, guna menumbuh kembangkan prestasi kerja bawahannya. Untuk itu, kepala sekolah perlu menggerakkan (actuating), memotivasi dan mendorong guru agar semangat dan optimal dalam menjalankan tugasnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru pada pendidikan dasar se-Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan model skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan teknik uji hipotesis menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi pegolah data SmartPLS Versi 3.2.9. Hasil dari analisis dan pengujian data dari penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah memberikan pengaruh secara signifikan sebesar 12,8 % terhadap kepuasan kinerja guru hal ini ditunjukkan berdasarkan pengujian yang menunjukkan bahwa nilai t-statistic = 1,660 lebih besar dari t-tabel = 1,640 dan nilai p-values = 0,049 lebih kecil dari alpha = 0,05. Selanjutnya, Motivasi kerja guru memberikan pengaruh sebesar 75 % terhadap kepuasan kinerja guru, motivasi kerja berperan positif dan signifikan memberikan pengaruh terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai t-statistic = 9,777 lebih besar dari t-tabel = 1,640 dan untuk nilai p = 0.000 lebih kecil dari alpha = 0.05. Sedangkan gaya kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersamaan berpengaruh sebesar 62,9 % terhadap kepuasan kinerja guru dapat diartikan bahwa variabel tersebut saling berkaitan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Partisipatif; Kepala Sekolah; Motivasi Kerja; Kepuasan Kerja Guru;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Social Process > Leadership
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sutisna Tisna Sutisna
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:36
Last Modified: 17 Apr 2023 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66968

Actions (login required)

View Item View Item