Pengaruh pembiayaan murabahah dan pembiayaan mudharabah terhadap kinerja keuangan Bank Syariah Bukopin periode 2016-2021

Safitri, Wini Tanapasa (2023) Pengaruh pembiayaan murabahah dan pembiayaan mudharabah terhadap kinerja keuangan Bank Syariah Bukopin periode 2016-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Penilaian pada kinerja keuangan dapat dilihat dengan salah satu faktor yaitu pada tingkat profitabilitas dengan menggunakan alat ukur Return On Assets (ROA). Kinerja keuangan yang ditinjau dari tingkat Return On Assets (ROA) memperoleh keuntungan melalui faktor utama dalam kegiatan penyaluran dana seperti pembiayaan. Pembiayaan sendiri mempengaruhi kinerja keuangan, oleh karena itu ketika pembiayaan murabahah dan mudharabah naik, maka kinerja keuangan (ROA) pun dinyatakan baik. Namun faktanya terdapat terdapat beberapa data pada laporan keuangan publikasi triwulan pada Bank Syariah Bukopin periode 2016-2021 yang menunjukan adanya ketidaksesuaian dengan teori tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya : 1) pengaruh pembiayaan murabahah secara parsial terhadap kinerja keuangan (ROA) Bank Syariah Bukopin periode 2016-2021 2) pengaruh pembiayaan mudharabah secara parsial terhadap kinerja keuangan (ROA) Bank Syariah Bukopin periode 2016-2021 dan 3) pengaruh pembiayaan murabahah dan mudharabah secara simultan terhadap kinerja keuangan (ROA) Bank Syariah Bukopin periode 2016-2021. Produk pembiayaan yang ada di Bank diantaranya adalah pembiayaan murabahah dan pembiayaan mudharabah. Pembiayaan murabahah yaitu prinsip yang diterapkan melalui mekanisme jual beli barang secara cicilan dengan penambahan margin keuntungan bagi Bank. Akad mudharabah yaitu bentuk kerjasama antara dua orang atau lebih dengan suatu perjanjian pembagian keuntungan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diolah adalah data sekunder berupa laporan keuangan triwulan Bank Syariah Bukopin Periode 2016-2021 dan annual report yang telah dipublikasi pada website resmi Bank Syariah Bukopin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Pembiayaan Murabahah secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA) sebesar 0,008 , 2) Pembiayaan Mudharabah secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA) sebesar 0,000, dan 3) Pembiayaan Murabahah dan pembiayaan Mudharabah secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA) sebesar 0,0139.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Murabahah; Pembiayaan Mudharabah; Kinerja Keuangan(ROA);
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Wini Tanapasa Safitri
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:33
Last Modified: 17 Apr 2023 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/66974

Actions (login required)

View Item View Item