Dewi, Wina Sukma (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) berbantu media poster terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (655kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif TTW berbantu media poster terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain embedded. Instrumen penelitian meliputi: lembar observasi keterlaksanaan, soal pilihan ganda menggunakan indikator hasil belajar, angket respon siswa dan kendala siswa. Sampel penelitian dipilih melalui teknik sampling jenuh terdiri dari 31 orang siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol di salah satu SMA di Kabupaten Bandung. Keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru keseluruhan mencapai 100% memperoleh kategori sangat baik pada setiap tahapannya. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen memperoleh rata – rata skor N-gain 0,62 kriteria sedang, nilai tersebut lebih besar dari pada rata – rata skor N-gain kelas kontrol sebesar 0,51 kriteria sedang. Hasil perhitungan uji statistik parametrik menunjukkan nilai t hitung (3,500) > t tabel (2,002) maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif TTW berbantu media poster yaitu 84,75% kategori tinggi. 10% siswa mengalami kendala pada tahap menjawab pertanyaan awal dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif TTW berbantu media poster berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Hasil Belajar; TTW; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Wina Sukma Dewi |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 02:10 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67031 |
Actions (login required)
View Item |