Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan Suverpisi Akademik terhadap profesionalisme Guru : Penelitian di MA Yapisa dan MA Ar-Raudloh Kabupaten Bandung

Fitriani, Sinta (2022) Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan Suverpisi Akademik terhadap profesionalisme Guru : Penelitian di MA Yapisa dan MA Ar-Raudloh Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan profesionalisme guru yang ingin dicapai. Sehingga diperlukan adanya aktivitas manajemen yang baik, di antaranya kepemimpinan Kepala Madrasah dan supervisi akademik supaya guru mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan kemampuan yang maksimal dalam membimbing peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi ; 1) kepemimpinan Kepala Madrasah, 2) Supervisi akademik, 3) Profesionalisme guru, 4) Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap profesionalisme guru, 5) Pengaruh supervisi akademik terhadap profesionalisme guru, 6) Pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan supervisi akademik terhadap profesionalisme guru, 7) Kepemimpinan Kepala Madrasah secara kuantitatif dan kualitatif, 8) Supervisi akademik secara kuantitatif dan kualitatif, dan 9) Profesionalisme guru secara kuantitatif dan kualitatif di MA Yapisa dan MA Ar-Raudloh. Kepemimpinan Kepala Madrasah yang efektif memiliki peranan yang penting dan strategis dalam pembinaan dan pengembangan profesionalisme guru. Selain itu, pelaksanaan supervisi akademik yang berkompeten juga membantu guru dalam mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah; 1) Kepemimpinan Kepala Madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, 2) Supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, dan 3) Kepemimpinan Kepala Madrasah dan supervisi akademik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru di MA Yapisa dan MA Ar-Raudloh. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah Mixed Methods Research, yakni penelitian yang mengkombinasikan antara metode kuantitatif dan kualitatif dengan model sequential explanatory (urutan pembuktian). Pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Kepemimpinan Kepala Madrasah memperoleh kualifikasi tinggi, 2) Supervisi akademik memperoleh kualifikasi tinggi, 3) Profesionalisme guru memperoleh kualifikasi baik, 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap profesionalisme, 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik terhadap profesionalisme guru, 6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan Kepala Madrasah dan supervisi akademik terhadap profesionalisme guru, 7) Kepemimpinan Kepala Madrasah secara kuantitatif tidak berbeda dengan kepemimpinan Kepala Madrasah secara kualitatif, 8) Supervisi akademik secara kuantitatif tidak berbeda dengan supervisi akademik secara kualitatif, dan 9) Profesionalisme guru secara kuantitatif tidak berbeda dengan profesionalisme guru secara kualitatif di MA Yapisa dan MA Ar-Raudloh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasa; Supervisi Akademik; Profesionalisme Guru
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sinta Fitriani
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:09
Last Modified: 18 Apr 2023 02:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67046

Actions (login required)

View Item View Item