Perilaku orang tua dalam mengembangkan pemahaman keagamaan pada anaknya: Studi pada anak madrasah 10-15 tahun di RW 19 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Mulyana, Agus (2023) Perilaku orang tua dalam mengembangkan pemahaman keagamaan pada anaknya: Studi pada anak madrasah 10-15 tahun di RW 19 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3 (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta pengaruh baik dan buruk tingkah laku dari lingkungan pergaulan sekitarnya tergantung dari daya serap dan penilaian pribadi anak. Maksudnya secara pribadi anak di lingkungan juga akan memilih apakah hal-hal yang kurang positif seperti yang dilakukan teman-temanya dan juga patut dicontoh atau tidak. Dan disinilah perilaku orangtua dibutuhkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku sosial anak Madrasah Usia 10-15 Tahun di RW 19 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi, mengetahui perilaku orang tua dalam mengembangkan pemahaman anak Madrasah Usia 10-15 Tahun di RW 19 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi, dan untuk mengetahui apa saja yang dihadapi orang tua ketika membimbing anak kepada perilaku keagamaan di RW 19 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Perilaku Sosial, yang telah dikemukakan oleh Max Weber. Teori tersebut menyatakan bahwa ilmu tentang perilaku sosial, menurutnya terjadi suatu pergeseran tekanan ke arah keyakinan, motivasi, dan tujuan pada diri anggota masyarakat, yang semuanya memberi isi dan bentuk kepada kelakuannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diambil dari observasi dan wawancara terbuka kepada orang tua, dan anak Madrasah Usia 10-15 Tahun di Cinunuk. Sedangkan sumber data sekunder diambil dari buku-buku, jurnal, skripsi dan juga blog internet yang dapat mendukung Penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikana kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua di Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung sangat berperan dalam mengembangkan pemahaman keagamaan pada anak-anaknya, ini terbukti berdasarkan hasil observasi dan wawancara langsung kepada orang tua, Para orang tua membimbing pemahaman keagamaan seperti perilaku, nilai ibadah dan nilai akhlak. Meskipun orang tua di Desa Cinunuk memiliki banyak hambatan dalam mendidik dan membimbing anaknya namun tetap saja orang tua selalu ingin melihat kebaikan-kebaikan dan keberhasilan pada diri anak-anak mereka. Pembinaan Sikap keagamaan anak di Desa Cinunuk memiliki sikap keagamaannya masih butuh bimbingan, pembiasaan, pengawasan untuk meluruskan perilakunya yang buruk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Orang Tua; Pemahaman Keagamaan Pada Anak
Subjects: Culture and Institutions > Parenthood
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Agus Mulyana
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:26
Last Modified: 18 Apr 2023 02:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67047

Actions (login required)

View Item View Item