Penggunaan media pembelajaran matematika berbasis android dalam upaya meningkatkan kemampuan kreatifitas matematika pada siswa SMA: Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas XII MAN 4 Kabupaten Tangerang

Atoillah, Atoillah (2017) Penggunaan media pembelajaran matematika berbasis android dalam upaya meningkatkan kemampuan kreatifitas matematika pada siswa SMA: Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas XII MAN 4 Kabupaten Tangerang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan kreatifitas matematika siswa kurang nampak, hal ini berakibat pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Selain itu, materi matematika dipandang dan kurang menarik. Guru masih mendominasi proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, siswa merasa bosan jika guru hanya menggunakan metode ceramah, dan tanya jawab. Media pembelajaran matematika berbasis Android adalah suatu proses pembelajaran yang menggunakan Android sebagai sumber belajar siswa dengan berbagai konten pada Android, mulai dari standar kompetensi, kompetensi dasar, materi, latihan soal dan sebagainya. Dalam hal ini siswa akan lebih berperan aktif dalam kegiatan belajar dan guru sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran, mengetahui peningkatan dan pencapaian kemampuan kreatifitas matematika berdasarkan kategori tinggi, sedang dan rendah (PAM), mengetahui sikap setiap siswa terhadap pengguanaan media pembelajaran berbasis Android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Kabupaten Tangerang pada kelas XII MIA 1 (Matematika Ilmu Alam), Keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran berbasis android menunjukkan bahwa aktifitas guru dan siswa pada setiap pertemuannya dapat terlaksana dengan kategori sangat baik secara keseluruhan. Terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan dengan menggunakan hasil data gain maupun pencapaian yang menggunakan data posttest kemampuan kreatifitas mkatematika baik pada kategori PAM (pengetahuan awal matematika) maupun secara keseluruhan mengalami perbedaan dengan rata-rata tinggi. Pada umumnya siswa merespon baik penggunaan media pembelajaran berbasis android dengan hasil analisis sebesar 3,03. Dengan demikian pembelajaran berbasis android dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kreatif matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Android; Kreatifitas Matematika
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer Science Education
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Atoillah Atoillah
Date Deposited: 13 Mar 2018 02:17
Last Modified: 13 Mar 2018 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6705

Actions (login required)

View Item View Item