Adilah, Gusnur Nida (2023) Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi elastisitas bahan dan hukum Hooke. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran AIR dan SAVI, (2) mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan model pembelajaran AIR dan SAVI, dan (3) mengetahui perbedaan keterampilan pemecahan dengan menerapkan model AIR dan SAVI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperiment dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian yang diambil adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 dengan masing-masing kelas berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran AIR dan SAVI memperoleh rata-rata 78% dan 84% berkategori efektif, (2) peningkatan keterampilan pemecahan masalah memperoleh nilai N-gain dengan model pembelajaran AIR sebesar 0,49 dan SAVI sebesar 0,36 keduanya berkategori sedang, dan (3) perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada indikator solve dengan nilai N-gain kelas eksperimen pertama sebesar 0,77 berkategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen kedua sebesar 0,52 berkategori sedang. Hasil uji t diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik antara kelas dengan model pembelajaran AIR dan kelas dengan model pembelajaran SAVI pada materi elastisitas bahan dan hukum Hooke. Kata Kunci: Model pembelajaran AIR, keterampilan pemecahan masalah, elastisitas bahan dan hukum Hooke
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran AIR; model pembelajaran SAVI; keterampilan pemecahan masalah; elastisitas bahan dan hukum hooke |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Gusnur Nida Adilah |
Date Deposited: | 03 May 2023 06:38 |
Last Modified: | 03 May 2023 06:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67060 |
Actions (login required)
View Item |