Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi elastisitas bahan dan hukum Hooke

Adilah, Gusnur Nida (2023) Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi elastisitas bahan dan hukum Hooke. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran AIR dan SAVI, (2) mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan model pembelajaran AIR dan SAVI, dan (3) mengetahui perbedaan keterampilan pemecahan dengan menerapkan model AIR dan SAVI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperiment dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian yang diambil adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 dengan masing-masing kelas berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran AIR dan SAVI memperoleh rata-rata 78% dan 84% berkategori efektif, (2) peningkatan keterampilan pemecahan masalah memperoleh nilai N-gain dengan model pembelajaran AIR sebesar 0,49 dan SAVI sebesar 0,36 keduanya berkategori sedang, dan (3) perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada indikator solve dengan nilai N-gain kelas eksperimen pertama sebesar 0,77 berkategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen kedua sebesar 0,52 berkategori sedang. Hasil uji t diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000<0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik antara kelas dengan model pembelajaran AIR dan kelas dengan model pembelajaran SAVI pada materi elastisitas bahan dan hukum Hooke. Kata Kunci: Model pembelajaran AIR, keterampilan pemecahan masalah, elastisitas bahan dan hukum Hooke

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran AIR; model pembelajaran SAVI; keterampilan pemecahan masalah; elastisitas bahan dan hukum hooke
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Gusnur Nida Adilah
Date Deposited: 03 May 2023 06:38
Last Modified: 03 May 2023 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67060

Actions (login required)

View Item View Item