Hubungan antara aktivitas penggunaan media papan flanel dengan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini: Penelitian di Kelompok A RA Al-Islam Majalaya Bandung

Fauziah, Dinar Farida (2023) Hubungan antara aktivitas penggunaan media papan flanel dengan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini: Penelitian di Kelompok A RA Al-Islam Majalaya Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketidakseimbangan antara media pembelajaran dengan kemampuan kognitif salah satunya yaitu kemampuan mengenal angka pada anak usia dini di kelompok A RA Al-Islam Majalaya Bandung. Hal ini terlihat karena dari hasil studi kasus yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan observasi sederhana memiliki nilai rata-rata 50-59 yang berkategorikan kurang. Mereka kesulitan dalam membedakan angka 1-10, serta masih keliru dan tertukar dalam menuliskan angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas penggunaan media papan flanel di kelompok A RA Al-Islam Majalaya Bandung; 2) Kemampuan mengenal angka pada anak usia dini di kelompok A RA Al-Islam Majalaya Bandung; dan 3) Hubungan antara aktivitas penggunaan media papan flanel dengan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini di kelompok A RA Al-Islam Majalaya Bandung. Kemampuan mengenal angka anak usia dini dapat dipengaruhi oleh faktor lain, salah satunya media papan flanel. Media papan flanel dapat meningkatkan minat belajar dan strategi dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada anak, sehingga media papan flanel dapat mengoptimalkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini. Berdasarkan pada asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas penggunaan media papan flanel dengan kemampuan mengenal angka. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek dari penelitian ini yaitu anak kelompok A RA Al-Islam Majalaya Bandung yang berjumlah 12 anak. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yang artinya semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam aktivitas penggunaan media papan flanel memperoleh nilai rata-rata 80. Angka tersebut berada pada rentang 80-100 yang berinterpretasikan sangat baik. Sedangkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 75. Angka tersebut berada pada rentang 70-79 yang berinterpretasikan baik (Berkembang Sesuai Harapan). Selanjutnya, hubungan antara aktivitas penggunaan media papan flanel dengan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,773. Hasil uji signifikansi korelasi memperoleh t hitung 3,854 dan t tabel pada signifikansi korelasi 5% dengan db = 10 sebesar 2,228. Karena t hitung = 3,854 > t tabel = 2,228, maka H_0 (Hpotesis nol) ditolak dan H_a (Hipotesis alternatif) diterima. Dengan demikian, aktivitas penggunaan media papan flanel memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini. Selain itu, aktivitas penggunaan media papan flanel memberikan pengaruh terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia dini di kelompok A RA Al-Islam Majalaya Bandung sebesar 59,75%. Sedangkan sisanya yaitu 40,25% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini; kemampuan mengenal angka; media papan flanel
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dinar Farida Fauziah
Date Deposited: 03 May 2023 03:15
Last Modified: 03 May 2023 03:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67118

Actions (login required)

View Item View Item