Nilai Aqidah dan akhlak dalam kumpulan puisi lautan jilbab karya Emha Ainun Nadjib: Tinjauan konsep aqidah akhlak imam Al-Ghazali

Maryati, Euis (2023) Nilai Aqidah dan akhlak dalam kumpulan puisi lautan jilbab karya Emha Ainun Nadjib: Tinjauan konsep aqidah akhlak imam Al-Ghazali. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui nilai aqidah akhlaq yang terdapat pada antologi puisi Lautan Jilbab dan untuk mengetahui tinjauan konsep nilai aqidah akhlak Imam Al-Ghazali dalam antologi puisi Lautan Jilbab karya Emha Ainun Nadjib. Peneliti menggunakan pendekatan studi literatur (literature review) dengan metode kualitatif. Objek material pada studi ini ialah puisi-puisi yang terkumpul dalam kumpulan puisi Lautan Jilbab karya Emha Ainun Nadjib. Sementara, objek formalnya ialah terori aqidah-akhlaq al-Gazali. Data primer yang digunakan pada kajian ini ialah kumpulan puisi Lautan Jilbab, dan buku teori aqidah dan akhlak al-Ghazali yang berjudul “Khuluqu al-Muslim” terbit tahun 1978 di Kairo, diterbitkan oleh Maktabah Wahbah. Sementara, data sekunder pada studi ini diperoleh dari buku-buku, jurnal, artikel, atau dokumen yang berkaitan dengan objek permaslahan yang diteliti. Teknik yang peneliti lakukan ialah studi documenter atau dokumentasi. Analisa data memakai metode analisis isi, interpretasi untu menarik kesimpulan, dan menguraikannya secara obyektif serta sistematik. Temuan penelitian menunjukkan 1) Nilai aqidah yang terdapat pada antologi puisi “Lautan Jilbab” karya Cak Nun ialah bahwa eksistensi Tuhan lewat apa yang diciptakan-Nya mesti diimani dengan hati yang penuh. Sementara, nilai akhlaknya ialah terkait pentingnya memahami akhklak secara baik. 2) Tinjauan konsep nilai aqidah akhlak Imam Al-Ghazali terhadap antologi puisi “Lautan Jilbab” karya Ainun terdapat amanat-amanat yang bergizi bagi ukuhuwah Islamiah, bantu-membantu, tolong-menolong, saling menguatkan serta memberikan petunjuk yang benar untuk mencapai ketaqwaan pada Allah. Kumpulan puisi tersebut mengandung nilai-nilai moral, yangsecara implisit memiliki topik sentral yakni nilai aqidah akhlak. Kata Kunci: Kumpulan Puisi; Nilai Akhlaq; Nilai Aqidah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kumpulan puisi; nilai Aqidah; nilai akhlak
Subjects: Miscellany of Philosophy
Islam > Islam and Philosophy
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin
Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Euis Maryati
Date Deposited: 27 Apr 2023 00:33
Last Modified: 27 Apr 2023 00:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67136

Actions (login required)

View Item View Item