Pandangan Ulama tentang profesi jurnalis perempuan : Studi deskriptif kualitatif pandangan Ulama NU, Muhammdiyah, Persis, Kota Bandung

Karmila, Linda (2019) Pandangan Ulama tentang profesi jurnalis perempuan : Studi deskriptif kualitatif pandangan Ulama NU, Muhammdiyah, Persis, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Ulama sebagai center point yang aktif di lingkungan sosial masyarakat untuk mengekonstruksi dengan baik dalam menyikapi setiap persoalan yang tengah dihadapi. Salah satunya mengenai peran Perempuan, dewasa ini fenomena perempuan sangat aktif dalam menjalani sebuah profesi yang biasa dilakukan kaum pria seperti, hukum, polisi, tentara, pilot, dan juga sebagai jurnalis. Hal ini menjadi kondisi ditengah persoalan masyakarat yang masih banyak menganut budaya patriaki dan sikap memarjinalkan perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana secara lebih luas Ulama memahami konsep Jurnalis, bagaimana pemaknaan Ulama terhadap hukum bekerja bagi perempuan yang sudah atau belum menikah, bagaimana Ulama memandang profesi jurnalis untuk perempuan. Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivisme Peter L Berger, dengan pendekatan kualitatif dimana realitas sosial terbentuk dari hasil kontruksi sosial melalui tiga objek yakini hermeunatik, fenomenologi, dan symbolis. Realitis sosial bersifat relatife maka terbetuk dari hasil penafsiran. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dari Creswell, penelitian ini tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi akan tetapi memaparkan peristiwa dan situasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ulama NU, Muhammdiyah, dan Persis Kota Bandung memahami konsep jurnalistik seluas-luasnya secara ilmu agama maupun disiplin ilmu dengan menjelaskan kembali dan memberikan contoh yang sama. Profesi jurnalis dianggap sebagai kegiatan ibadah yang dapat dilakukan baik laki-laki atau perempuan maka akan mendapatkan pahala. Ulama memaknai hukum untuk perempuan bukanlah sebagai bagian yang memersempit gerak perempuan akan tetapi menjelaskan makna memuliakan dari setiap dalil yang dipaparkan, Ulama juga menjelaskan standar syariat perempuan tidak hanya mengenai apa yang dikenakan namun apa yang harus dipegang seperti kehormatan dan martabat lewat etika dan adab prilaku. Ulama juga menilai bahwa kegiatan ketika menjalankan tugas jurnalis sebagai bagian dari kebijakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandangan; Ulama; Jurnalis Perempuan;
Subjects: Labor Economics > Women Workers
Labor Economics > Labor by Industry and Occupation
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: linda karmila linda
Date Deposited: 03 May 2023 06:31
Last Modified: 03 May 2023 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67143

Actions (login required)

View Item View Item