Penggunaan Physics Education Technology (PhET) dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Fluida dinamis

Nurdini, Sonia Dwi and Husniyah, Rohmatul and Chusni, Muhammad Minan and Mulyana, Eddi (2022) Penggunaan Physics Education Technology (PhET) dengan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Fluida dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6 (1). pp. 136-146. ISSN 2549-9963

[img]
Preview
Text
6. Sinta 3_Penggunaan Physics Education Technology (PhET)_Turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jipf/art...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media simulasi PhET dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada konsep fluida dinamis. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan desain non-equivalent control group design. Pengumpulan data dengan teknologi observasi berupa analisis data kuantitatif dan tes kognitif dari siswa. Pengamatan pertama menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Pengukuran sampel dengan metode sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan masing-masing kelas terdiri dari 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis hasil belajar diperoleh dari hasil post-test siswa terkait konsep materi yang diujikan. Hasil ini juga diperoleh setelah kelas eksperimen menerapkan media PhET menggunakan model inkuiri terbimbing. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media PhET dalam model inkuiri terbimbing dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini juga akan berdampak positif bagi berbagai pihak yang bersangkutan. Kata Kunci: Fluida Dinamis, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, PhET Simulations

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Flurida Dinamis; Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing; PhET Simulations
Subjects: Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Muhammad Minan Chusni
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:08
Last Modified: 27 Apr 2023 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67153

Actions (login required)

View Item View Item