Penerapan Metode Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Materi Makna Kompetisi dalam Kebaikan dan Bekerja Keras: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Waskito, Rais Teguh (2017) Penerapan Metode Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Materi Makna Kompetisi dalam Kebaikan dan Bekerja Keras: Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang adanya fenomena yang terjadi di SMA Muhammadiyah 4 Bandung yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal tersebut berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Olah Solahudin selaku guru PAI dan siswa kelas XI bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional seperti ceramah dan mendikte, proses pembelajaran bersifat satu arah sehingga membuat siswa pasif dalam belajar, serta masih rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung pada mata pelajaran PAI sebelum penerapan metode reward, proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode reward, hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung pada mata pelajaran PAI setelah penerapan metode reward. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini terdiri dari silabus, RPP, lembar observasi, dan lembar evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan studi dokumntasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA, berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 28 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode reward nilai rata-ratanya sebesar 71,66. Adapun KKM mata pelajaran PAI adalah 75. Sedangkan presentase ketuntasan sebesar 46,15% yakni ada pada kategori sangat kurang. Proses pembelajaran dengan menggunakan metode reward mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan aktivitas guru dan murid. Pada siklus I persentase aktivitas guru sebesar 74,9% dan aktivitas siswa 67,77%, siklus II persentase aktivitas guru sebesar 78,88% dan aktivitas siswa 78,66%, siklus III persentase aktivitas guru sebesar 96,66% dan aktivitas siswa 97,33%. Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode reward mengalami peningkatan kearah yang lebih baik di setiap siklusnya. Pada siklus I mendapat nilai rata-rata sebesar 74,41 dan presentase ketuntasannya adalah 53,84%, siklus II mendapat nilai rata-rata sebesar 80,76 dan presentase ketuntasannya adalah 79,48%, siklus III nilai rata-ratanya sebesar 93,20 dan presentase ketuntasannya adalah 100%. Dengan demikian penerapan metode reward dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung pada mata pelajaran PAI materi makna kompetisi dalam kebaikan dan bekerja keras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 30 May 2018 12:24
Last Modified: 06 Nov 2018 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6731

Actions (login required)

View Item View Item