Pengaruh Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada Kelas 11 SMAN 2 Banjarsari Ciamis

Ilhami, Sani Fajar (2022) Pengaruh Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada Kelas 11 SMAN 2 Banjarsari Ciamis. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila model pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Keberhasilan suatu pembelajaran tidak bergantung pada model pembelajaran yang diterapkan saja, akan tetapi adanya motivasi belajar menjadi faktor lain keberhasilan suatu pembelajaran. Model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar menjadi pengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran PAI. Tujuan daripada penelitian ini ialah untuk mengetahui; 1) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Problem Based Learning dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa yang bermotivasi tinggi dan yang bermotivasi rendah, 3) Adanya interaksi antara Problem Based Learning dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Penelitian ini berlandaskan pada teori dari John Dewey, menurutnya PBL adalah model pembelajaran dengan berorientasikan masalah yang merupakan interaksi antara stimulus dan respon atau hubungan antara dua arah belajar dan lingkungan. Kemudian teori dari Muhbibin Syah yang memberikan pengertian dasar tentang motivasi secara sederhana yaitu keadaan yang tumbuh dalam organisme (baik manusia ataupun hewan) secara internal yang mendorong untuk berbuat sesuatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analysis of variance (ANOVA) dua jalur (two way ANOVA) dengan menggunakan aplikasi statistika SPSS versi 26. Hasil daripada penelitian ini sebagai berikut; 1) Hasil belajar PAI dengan menggunakan Problem Based Learning dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional didapatkan nilai signifikan 0,000. Nilai tersebut adalah kurang dari 0,05 atau < 0,05 yang berarti H₀ ditolak. Dengan demikian hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PAI siswa berdasarkan dua model pembelajaran yaitu Problem Based Learning dan Konvensional; 2) Hasil belajar PAI pada siswa yang bermotivasi tinggi dan yang bermotivasi rendah didapatkan nilai signifikan adalah 0,019, nilai tersebut adalah kurang dari 0,05 atau < 0,05 yang berarti H₀ ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan skor hasil belajar PAI siswa berdasarkan faktor motivasi belajar siswa; 3) Terdapat interaksi antara Problem Based Learning dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PAI siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Motivasi Belajar; Hasil Belajar PAI
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sani Fajar Ilhami
Date Deposited: 04 May 2023 03:41
Last Modified: 04 May 2023 03:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67507

Actions (login required)

View Item View Item