Peran kompetensi dan motivasi dalam meningkatkan kepuasan kerja dan retensi karyawan

Zaky, Muhammad (2020) Peran kompetensi dan motivasi dalam meningkatkan kepuasan kerja dan retensi karyawan. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen, I (2). pp. 95-104. ISSN 2723-1526

[img]
Preview
Text
19_ - Muhammad Zaky - Ind (2).pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19_ - Muhammad Zaky - Ind_turnitin.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/komitmen/ar...

Abstract

Kepuasan kerja dan retensi karyawan merupakan aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia. Kompetensi dan motivasi karyawan adalah faktor kunci yang dapat mempengaruhi kedua aspek tersebut. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis peran kompetensi dan motivasi dalam meningkatkan kepuasan kerja dan retensi karyawan di perusahaan. Metode studi literatur digunakan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel ilmiah, buku, dan dokumen lainnya terkait topik ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi dan motivasi karyawan memiliki peran penting dalam meningkatkan kepuasan kerja dan retensi karyawan di perusahaan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi motivasi karyawan antara lain lingkungan kerja yang positif, pengakuan dan penghargaan atas kontribusi karyawan, dan kesempatan untuk belajar dan berkembang di tempat kerja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Motivasi, Kepuasan Kerja, Retensi Karyawan, Manajemen Sumber Daya Manusia.
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muhammad Zaky
Date Deposited: 04 May 2023 09:32
Last Modified: 04 May 2023 09:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67552

Actions (login required)

View Item View Item