Hubungan interaksi teman sebaya dengan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas IV MI YTI Sukamerang: Studi penelitian uji korelasi pada siswa kelas IV MI YTI Sukamerang

Khoiriyah, Annisa Nurul (2023) Hubungan interaksi teman sebaya dengan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas IV MI YTI Sukamerang: Studi penelitian uji korelasi pada siswa kelas IV MI YTI Sukamerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (954kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas masih dijumpai beberapa siswa menghabiskan waktu dengan bermain di kelas bersama teman sebaya sehingga membuat gaduh di kelas, keluar masuk kelas dalam proses belajar, tidak mengerjakan tugas dan menyontek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) interaksi teman sebaya kelas IV MI YTI Sukamerang; 2) hasil belajar ranah kognitif siswa MI YTI Sukamerang kelas IV MI YTI Sukamerang; dan 3) hubungan interaksi teman sebaya dengan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas IV MI YTI Sukamerang. Indikator dari interaksi teman sebaya meliputi kerjasama, persaingan, pertentangan, pesesuaian/akomodasi dan perpaudan/asimilasi. Sedangkan indikator hasil belajar yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Hipotesis dalam penelitian ialah terdapat hubungan antara interaksi teman sebaya dengan hasil belajar ranah kognitif siswa di kelas IV MI YTI Sukamerang. Metode yang digunakan ialah metode korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel responden diambil dari kelas IV-A dan IV-B MI YTI Sukamerang yang berjumah 39 orang. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yang dimana diawali uji linearitas, uji normalitas, uji korelasi, dan menghitung koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: interaksi teman sebaya di kelas IV memiliki rata-rata sebesar 41,33 dan berada pada kategori baik. sedangkan rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa diperoleh sebesar 50,77 berada pada kategori rendah. Hubungan antara interaksi teman sebaya dengan hasil belajar ranah kognitif siswa di kelas IV MI YTI Sukamerang diperoleh hasil sebesar 0,502 dan termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Hasil tersebut diperoleh dari uji korelasi. Dengan interaksi teman sebaya memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 25,20%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi; teman sebaya; hasil belajar
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisa Nurul Khoiriyah
Date Deposited: 05 May 2023 01:35
Last Modified: 05 May 2023 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67556

Actions (login required)

View Item View Item