Pengembangan bahan ajar berbasis Connecting, Organizing, Reflecting And Extending (CORE) pada materi sistem pernapasan : Penelitian pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Sugiyono, Sugiyono (2023) Pengembangan bahan ajar berbasis Connecting, Organizing, Reflecting And Extending (CORE) pada materi sistem pernapasan : Penelitian pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menguji kelayakan produk bahan ajar berbasis CORE pada materi sistem pernapasan, 2) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar berbasis CORE pada materi sistem pernapasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan Pengembangan (Reseach and Develovment) untuk menghasilkan produk bahan ajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Ujung Berung dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Lembar validasi, dan angket. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validasi bahan Ajar berbasis CORE, dan Analisis angket Siswa. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: tahapan persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengembangan Kelayakan Produk Bahan Ajar Berbasis CORE Pada Materi Sistem Pernapasan Hasil validasi bahan ajar berupa pernyataan ahli materi, ahli media, dan guru Biologi (Ahli Bahasa) bahwa bahan ajar layak diuji cobakan dengan beberapa revisi. Selain itu, dari validasi bahan ajar ini diperoleh data kuantitatif yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dikategorikan dengan kriteria valid, dan siap digunakan sebagai sumber belajar dengan rata-rata persentase keseluruhan validator 81%. Sementara respons Siswa terhadap bahan Ajar berbasis CORE Pada Materi Sistem Pernapasan diperoleh pula bahwa respon siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan bahan ajar berbasis core. Berdasarkan analisis angket bahan ajar, semua pernyataan terkualifikasi “Sedang” dan penilaian rata-rata respon siswa 3,38 terkualifikasi “Sedang”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Berbasis Core; Materi Sistem Pernapasan
Subjects: Block Books
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Sugiyono Sugi Sugi
Date Deposited: 09 May 2023 01:39
Last Modified: 09 May 2023 01:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67614

Actions (login required)

View Item View Item