Manajemen pendirian Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Arafah Cendekia Garut

Hadiana, Wildan (2023) Manajemen pendirian Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Arafah Cendekia Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa atas dasar pertimbangan peneliti terhadap keberadaan Madrasah Ibtidaiyah yang seyogianya berdiri dengan mengikuti mekanisme yang berlaku sesuai dengan aturan pemerintahan, selain itu suatu manajemen yang baik sehingga proses pendirian menghasilkan proses yang tersusun dengan rapi. Sehingga dapat diharapkan untuk menjadi motivasi bagi Madrasah Ibtidaiyah untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kualitas pendirian madrasah dalam hal manajemen pendirian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi Manajemen Pendirian Madrasah dilihat dari perencaanaan pendirian, pengorganisasian pendirian, pelaksanaan pendirian, pengawasan pendirian dan dukungan serta hambatan pendirian dan disesuaikan dengan rumusan masalah yang diformulasikan dengan teori Fungsi Manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan beberapa cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan dengan cara unisitasi data, kategorisasi data melalui mereduksi data, hingga penyajian data, penafsiran data dan teknik terakhir adalah uji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini adalah Manajemen Pendirian Madrasah Ibtidaiyah Arafah Cendekia Garut menggunakan teori Fungsi Manajemen yang meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan serta ditambah dengan Dukungan dan Hambatan dari internal dan eksternal. Pembahasan perencanaan yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Arafah Cendekia adalah dengan menentukan rencana pertumbuhan, rencana keuntungan, rencana pemakaian dan rencana urutan kepegawaian. Pada tahap selanjutnya adalah pengorganisasian, pengorganisasian terlebih dahulu memperhatikan empat komponen panting yaitu WERE, Work (pekerjaan pendirian madrasah), Employes (karyawan/pegawai pendirian Madrasah Ibtidaiyah Arafah Cendekia), Relationship (hubungan antara dewan pendirian madrasah dan anggota pendirian atau antara pekerjaannya), dan Environment (lingkungan pendirian Madrasah Ibtidaiyah Arafah Cendekia). Pada tahap pelaksanaan pendirian yang dilakukan oleh dewan pendirian madrasah adalah dengan memberikan intruksi/komando terkait pekerjaan, melakukan koordinasi, memberikan motivasi, dan memberikan arahan. Tahap terakhir dengan melakukan pengawasan pendirian baik dari segi kulitas, kuantitas, waktu, dan biaya. Adapun terkait dukungan dan hambatan pendirian madrasah dilihat dari internal keluarga atau dalam lingkungan kepanitiaan dan eksternal lingkungan sekitar atau masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendirian; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wildan Hadiana
Date Deposited: 09 May 2023 07:53
Last Modified: 09 May 2023 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67677

Actions (login required)

View Item View Item