Perbandngan penafsiran nasihat Luqman di dalam kisah Luqman pada Qs Luqman ayat 12-19 : Tafsir al-Munir fi l-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa alManhaj , Tafsir fi Zhilalil Qur’an dan tafsir al-Mizan fi tafsir Al-Qur’an

Najatul Huda, Nana (2022) Perbandngan penafsiran nasihat Luqman di dalam kisah Luqman pada Qs Luqman ayat 12-19 : Tafsir al-Munir fi l-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa alManhaj , Tafsir fi Zhilalil Qur’an dan tafsir al-Mizan fi tafsir Al-Qur’an. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Luqman merupakan salah satu nama orang yang disebut dalam Al-Qur`an, tepatnya pada Qs Luqman ayat 12-19. Luqman namanya mendunia disebabkan beberapa nasihatnya yang tersebar di seluruh dunia.. Luqman memiliki keistimewaan dengan mendapat anugerah dari Allah SWT, yakni berupa ilmu hikmah. Hikmah Luqman di dalam Qs Luqman ayat 12-19 selalu ditafsirkan sebagai ayat yang berbicara tentang hikmah atau kebijaksanaan Luqman yang terbentuk menjadi beberapa nasihat yang diberikan kepada anaknya. Sebab , terdapat banyak nasihat bijak atau pesan-pesan penting untuk manusia agar menjadi peribadi yang baik. Sebagaimana terdapat para tokoh ilmiah dewasa ini ramai baranggapan bahwa hikmah Luqman sebagai ayat yang membahas tentang nasihat-nasohat penting bagi manusia untuk diterapkan di maa kini dan di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah berusaha untuk menganalisa perbandingan penafsiran hikmah Luqman dari tiga tafsir berbahasa Arab yang meiliki latarbelakang keilmuan berbeda-beda. Yaitu dar tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj, Tafsir fi Zhilalil Qur’an dan tafsir al-Mizan fi Tafsir Al-Qur’an. Agar mengetahui arah penafsiran dari ketiga tafsir tersebut serta berusaha untuk membuktikan bahwa pada ayat-ayat tersebut tidak sebatas hanya membahas tentang nilai-nilai pendidikan saja. Namun, terdapat perspektif lain, seperti pembahasan tentang hukum syari’at Islam, pembahasan tentang akidah dan akhlak serta pembahasan tentang falsafah. Sumber Primer untuk mencapai tujuan penelitian ini yaitu berupa data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dari sumber pertama. Sumber informasi utama penulis adalah Al-Qur'an dan tiga interpretasi yang berbeda. Yaitu: Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj karya Wahbah Azzuhaili, Tafsir fi Zhilalil Qur’an karya Sayyid Quthb dan Tafsir al-Mizan fi Tafsir Al-Qur’an karya Muhammad Husain Thaba’Thaba’i.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kisah lukman; hikmah; tafsir muqaran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Nabilah Nuraini
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:30
Last Modified: 24 Jul 2023 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67693

Actions (login required)

View Item View Item