Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penyaluran pembiayaan bantuan modal usaha oleh PNM Mekaar syariah di Desa Ciwalen Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur

Nurliana, Nuri (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penyaluran pembiayaan bantuan modal usaha oleh PNM Mekaar syariah di Desa Ciwalen Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy

Abstract

Proses penyalaruan pembiayaan pada Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga sejahtera syariah (PNM Mekaar Syariah) Unit/Cabang Warungkondang dalam proses penyaluran nya mengunakan akad murabahah dan wakalah berdasarkan pengamatan awal, peneliti menemukan adanya uang jasa penyaluran pembiayaan sebesar 25% dari akad yang digunakan pada penyaluran pembiayaan usaha yaitu murabahah dan wakalah. Penambahan pengembalian nasabah sebesar 25% tersebut diindikasikan kategori riba atau atas jasa dan nisbah bagi hasil. Selain itu menggabungkan akad murabahah dan wakalah dalam satu transaksi atau multi akad, hukum multi akad masih menjadi perdebatan dikalangan ulama fiqih. Berangkat dari permasalahan tersebut, adapun tujuan yang ingin dicapai penulis adalah Untuk mengetahui penyaluran pembiayaan pada Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Syariah (PNM Mekaar Syariah) dan Untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah pada penggabungan akad murabahah dan wakalah dalam Permodalan Nasional Madani (PNM Mekaar Syariah). Dan juga Untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah pada tambahan dana yang dikembalikan nasabah Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga sejahtera Syaria h (PNM Mekaar Syariah). Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan sumber data primer dan sekunder. Kemudian sumber data yang diperoleh di lapangan dihubungkan dengan teori-teori hukum ekonomi Syariah yang berkaitan dengan konsep Pembiayaan murabahah bil wakalah , kemudian ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyaluran pembiayaan pada PNM Mekaar Syariah unit/cabang Warungkondang menggunakan Praktek Multi akad dimana menggabungkan akad murabahah dan wakalah menjadi kategori akad (murakkab) dimana menggabungkan nya menjadi hukum yang sama. akan tetapi dalam proses penyaluran pembiayaan murabahah bil wakalah kurang sesuai dengan ketentuan pertama, butir 9 Fatwa DSN MUI Nomor 4/DSN/MUI/IV/2000. Dan ketentuan kompilasi Hukum Ekonomi Syariah bagian 6 Pasal 119. Dan kelebihan pengembalian nasabah sebesar 25 % ini merupakan margin bagi hasil dari akad murabahah yang sudah sesuai dengan ketentuan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor. 04/ DSN-MUI/IV/2000 .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan; Hukum; Ekonomi; Pembiayaan; Murabahah; Wakalah; Multi Akad;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Credit and Loan Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Nuri Nurliana
Date Deposited: 10 May 2023 04:21
Last Modified: 10 May 2023 04:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67724

Actions (login required)

View Item View Item