Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap insecurities remaja: Studi penelitian di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Islam Ciwangi, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut

Zahro, Fenti Oktafiani (2023) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap insecurities remaja: Studi penelitian di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Islam Ciwangi, Kecamatan Balubur Limbangan, Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat latar belakang yaitu siswa-siswi di MA YPI Ciwangi yang berada pada fase remaja yaitu berusia sekitar 15 tahun hingga 19 tahun. Masa remaja merupakan masa dimana individu mengalami perubahan dan perkembangan, terutama mengenai pengelolaan emosional. Pengenalan emosi tersebut tentunya remaja mengalami tantangan yang harus dihadapi salah satunya yaitu Insecurities yakni terdapat perasaan tidak aman, cemas, dan sebagainya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor baik internal maupun eksternal. Insecurities memberikan dampak yang dapat menghambat perkembangan masa remaja. Para siswa-siswi ini menimba ilmu di sekolah berbasis Islam sekaligus mengikuti program kegiatan pesantren. sehingga, keadaannya sudah tidak asing dengan ajaran keagamaan yang pada dasarnya dapat menjadi dorongan terhadap lingkup kecerdasan spiritual seseorang, ketika implementasi ajaran ini dapat dijalankan dengan baik maka akan berpengaruh terhadap kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan spiritual, gambaran Insecurities serta mengenai apakah terdapat pengaruh dari kecerdasan spiritual terhadap perilaku Insecurities terhadap siswa-siswi di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Islam Ciwangi. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memperkaya literasi mengenai kecerdasan spiritual dan Insecurities. Mengenai teori kecerdasan spiritual yaitu menurut Danah Zohar dan Ian Marshall yaitu kecerdasan yang dimiliki individu untuk mengatasi permasalahan hidupnya dengan berdasarkan pada makna dan nilai. Sedangkan Insecurities menurut Torronen dan Niemela adalah perasaan tidak aman, cemas, gelisah dikarenakan faktor internal dan eksternal yang dapat membuat dirinya merasa rendah diri, tidak percaya diri, sulit berkembang, sulit meraih cita-cita, dan sebagainya. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan yaitu metode statistik deskriptif. Dengan menggunakan program SPSS versi 24.0, dalam penelitian ini terdapat 85 responden dengan teknik non probabiliy sampling pada jenis sampel jenuh. Alat ukur yang digunakan yaitu dengan angket atau kuesioner tertutup dengan menggunakan skala likert. Pada variabel x terdapat 30 item pertanyaan dan pada variabel y terdapat 30 item pertanyaan dan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian untuk menguji pengaruhnya yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil yang didapat pada penelitian ini mengenai pengaruh dari kecerdasan spiritual terhadap Insecurities remaja dengan thitung = 2,102 dan taraf signifikansi 5% yaitu 0,05. dengan ketentuan thitung > ttabel sehingga dihasilkan 2,102 > 1,989. Kemudian nilai signifikansi yang dihasilkan adalah 0,000 < 0,05 yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan spiritual dan insecurities, dengan hasil nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,14 maka persentasenya adalah 14%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan spiritual; insecurities; remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fenti Oktiafiani Zahro
Date Deposited: 10 May 2023 07:03
Last Modified: 10 May 2023 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67728

Actions (login required)

View Item View Item