Pengaruh jumlah deposito Mudharabah dan pembiayaan Murabahah terhadap Return on Equity (ROE) PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah periode 2016-2020

Fitria, Novy (2022) Pengaruh jumlah deposito Mudharabah dan pembiayaan Murabahah terhadap Return on Equity (ROE) PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah periode 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perusahaan yang memiliki potensi menghasilkan laba yang tinggi yaitu Return On Equity. Hal yang diduga dapat mempengaruhi fluktuasi Return On Equity salah satunya yaitu Deposito Mudharabah, Deposito Mudharabah yaitu produk simpanan dana menggunakan akad mudharabah yang disimpan oleh nasabah di bank, kemudian dikelola oleh pihak bank. Salah satunya dalam bentuk pembiayaan menggunakan akad murabahah. Sehingga dari kegiatan tersebut dapat meningkatkan Return On Equity (ROE) pada perusahaan. Semakin tinggi rasio keuangan tersebut, maka posisi perusahaan akan semakin baik. Dengan adanya teori tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti Pengaruh Deposito Mudharabah dan Pembiayaan Murabahah Terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah Periode 2016-2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Deposito Mudharabah secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), pengaruh Pembiayaan Murabahah secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) dan Pengaruh Deposito Mudharabah dan Pembiayaan Murabahah secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah Periode 2016-2020. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adanya hubungan saling berpengaruh terhadap Deposito Mudharabah dan Pembiayaan Murabahah terhadap Return On Equity (ROE). Namun Return On Equity (ROE) dapat dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti oleh penliti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantutatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan yang telah dipublikasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan regeresi linier berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Deposito Mudharabah tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) ditunjukan nilai t hitung sebesar -1,249 dan nilai koefisien determinasi sebesar 8%. Adapun untuk variabel Pembiayaan Murabahah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Return On Equity (ROE) yang ditunjukan nilai t hitung sebesar 1,562 dan nilai koefisien determinasi sebesar 11,9%. Dan secara simultan Deposito Mudharabah dan Pembiayaan Murabahah tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai f hitung sebesar 3,233 dan nilai koefisien determinasi sebesar 27,% pada PT. Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah Periode 2016-2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Deposito Mudharabah; Pembiayaan Murabahah; dan Return On Equity (ROE);
Subjects: Econmics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Novy Fitria Mpi
Date Deposited: 10 May 2023 07:18
Last Modified: 10 May 2023 07:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67735

Actions (login required)

View Item View Item