Implementasi kalimah Thayyibah di Pondok Pesantren Sirojul Huda Mekar Jati Cibiru Kota Bandung : Studi tafsir Ibnu Katsir

Fitri, Addauri Nuril (2023) Implementasi kalimah Thayyibah di Pondok Pesantren Sirojul Huda Mekar Jati Cibiru Kota Bandung : Studi tafsir Ibnu Katsir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Kalimat Thayyibah merupakan kalimat-kalimat kebaikan dan memiliki makna mengagungkan dan mensucikan nama Allah. Kata Thayyibah juga mengandung makna ucapan indah mengenai Allah SWT. Kalimah Thayyibah dianalogikan seperti pohon yang baik. Hal tersebut menjadi cerminan bagi umat muslim dalam kesehariannya. Dalam mengucapkan kalimat Thayyibah tentu mempunyai tujuan, yaitu untuk lebih mendekatkan diri pada Allah dan mengingat kebesaran-Nya. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan mengetahui secara mendalam mengenai kalimat Thayyibah lebih khususnya pada kalimat laa illaha illallah. Penelitian ini menggunakan meode studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analitik kualitatif yaitu data yang digambarkan dengan kata-kata untuk dipahami.Hasil dalam penelitian ini bahwa kalimat Thayyibah merupakan kalimat baik yang mengandung arti bahwa “ilmu Allah SWT yang baik dan kuat”. Maksudnya ialah dengan membaca kalimat Thayyibah dan memuji Allah menggunakan kalimat Thayyibah seperti basmallah, tasbih,tahlil dan lainnya maka akan lebih mengenal tuhan. Selain itu, menurut para ulama kalimat thayyibah berfungsi sebagai ramuan ketenangan pikiran bagi umat islam. Para ulama menafsirkan kalimat Thayyibah adalah kalimat tasbih, istighfar, tauhid dan segala ucapan yang menyeru pada kebaikan dan mencegah kemungkaran. Adapun implementasi kalimat Thayyibah di pondok pesantren Sirojul Huda yaitu kalimat Thayyibah yang menjadi pegangan di Pondok Pesantren Sirojul Huda ialah kalimat tahlil “laa illaha illallah” karena dengan kalimat inilah yang menjadi penentu akan sah atau tidaknya keislaman seorang muslim dengan meninjau dari segi makna islam itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kalimat Thayyibah; Tafsir Ibnu Katsir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Rokil Muntaha
Date Deposited: 11 May 2023 01:26
Last Modified: 11 May 2023 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67769

Actions (login required)

View Item View Item