Pengaruh Net Cash Flows Provided by Operating Activities dan Total Liabilities terhadap Gross Profit Income pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk periode 2012-2021

Faturohman, Daniel Alfian (2023) Pengaruh Net Cash Flows Provided by Operating Activities dan Total Liabilities terhadap Gross Profit Income pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia dalam proporsi ekonomi dikategorikan sebagai sebuah negara industri. Perusahaan industri berlomba-lomba untuk menghasilkan laba yang maksimal. Gross Profit Income merupakan salah satu indikator untuk melihat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Faktor yang mempengaruhi Gross Profit Income dalam PSAK No. 2 paragraf 14 dan menurut Nafarin adalah Net Cash Flows Provided by Operating Activities dan Total Liabilities. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah ketidaksesuaian antara teori dengan fakta di laporan keuangan PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) untuk mengetahui pengaruh Net Cash Flows Provided by Operating Activities secara parsial terhadap Gross Profit Income; 2) untuk mengetahui pengaruh Total Liabilities secara parsial terhadap Gross Profit Income; 3) untuk mengetahui pengaruh Net Cash Flows Provided by Operating Activities dan Total Liabilities secara simultan terhadap Gross Profit Income, pada PT Kawasan Industri Jababeka Tbk pada periode 2012-2021. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Net Cash Flows Provided by Operating Activities dan semakin tinggi Total Liabilities, maka akan semakin tinggi Gross Profit Income. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah Net Cash Flows Provided by Operating Activities dan Total Liabilities sebagai variabel independen serta Gross Profit Income sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dipakai yaitu data sekunder berupa laporan keuangan PT Kawasan Industri Jababeka Tbk periode 2012-2021. Analisis data yang dipakai yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier, analisis korelasi PPM, analisis koefisien determinasi, dan analisis uji signifikansi. Adapun pengolahan data memakai perhitungan manual dan SPSS for Windows versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Net Cash Flows Provided by Operating Activities secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Gross Profit Income dengan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 2,5%. 2) Total Liabilities secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Gross Profit Income dengan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,2%. 3) Net Cash Flows Provided by Operating Activities dan Total Liabilities secara simultan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Gross Profit Income dengan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 4,4% di PT Kawasan Industri Jababeka Tbk periode 2012-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Cash Flows Provided by Operating Activities; Total Liabilities; Gross Profit Income
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Daniel Alfian Faturohman
Date Deposited: 11 May 2023 08:07
Last Modified: 11 May 2023 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67770

Actions (login required)

View Item View Item