Pengaruh beban pokok penjualan dan beban pajak terhadap laba bersih di PT Yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Indo Acidatama Tbk periode 2012-2021

Setiani, Ravani (2023) Pengaruh beban pokok penjualan dan beban pajak terhadap laba bersih di PT Yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Indo Acidatama Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Beban Pokok Penjualan dan Beban Pajak terhadap Laba Bersih pada PT. Indo Acidatama Tbk. Periode 2012-2021. Beban Pokok Penjualan merupakan harga atau nilai barang dagang yang telah dijual oleh perusahaan yang melihat sejauh mana keuntungan ataupun kerugian dari perusahaan. Sedangkan Beban Pajak merupakan jumlah gabungan pajak yang diperhitungkan untuk menentukan laba rugi pada suatu perusahaan. Dan Laba Bersih merupakan keuntungan yang didapat dari jumlah selisih pendapatan dan biaya-biaya yang sudah di kurangi pajak untuk menentukan tingkat kestabilan keuangan suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh Beban Pokok Penjualan secara Parsial terhadap Laba Bersih pada PT. Indo Acidatama Tbk Periode 2012-2021; untuk mengetahui besarnya pengaruh Beban Pajak secara Parsial terhadap Laba Bersih pada PT. Indo Acidatama Tbk Periode 2012-2021; Untuk mengetahui besarnya pengaruh Beban Pokok Penjualan dan Beban Pajak terhadap Laba Bersih secara Simultan pada PT. Indo Acidatama Tbk Periode 2012-2021. Kerangka pemikiran pada penelitian ini yaitu Beban Pokok Penjualan dan Beban Pajak berpengaruh negatif terhadap Laba Bersih, sebab apabila keduanya dalam perusahaan mengalami kenaikan maka dapat menurunkan tingkat Laba Bersih yang diperoleh, begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder rutunan waktu (time series) data yang diambil dari laporan keuangan PT. Indo Acidatama Tbk. Periode 2012-2021. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), analisis uji asosiatif (uji regresi linier, uji korelasi, uji koefisiensi determinasi), dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). pengolahan data menggunakan SPSS For windows 25.0 dan Microsoft excel 2019 sebagai penunjang dalam pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial berpengaruh signifikan antara Beban Pokok Penjualan terhadap Laba Bersih yang dibuktikan oleh hasil uji thitung > ttabel (2,482 > 2,306) dengan besar koefisiensi determinasi 43,5%. Secara parsial tidak berpengaruh signifikan antara Beban Pajak terhadap Laba Bersih yang di buktikan oleh hasil uji thitung > ttabel (1,211 < 2,306) dengan besar koefisiensi determinasi 15,5%. Dan secara simultan Beban Pokok Penjualan dan Beban Pajak berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih yang di buktikan oleh hasil uji f sebesar Fhitung > Ftabel (5.017 > 4,74) dengan koefisiensi determinasi sebesar 58,9% pada PT Indo Acidatama Rbk. Periode 2012-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Beban Pokok Penjualan; Beban Pajak; Laba Bersih;
Subjects: Administration of Economy
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ravani Setiani
Date Deposited: 12 May 2023 03:32
Last Modified: 12 May 2023 03:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/67821

Actions (login required)

View Item View Item