Pengaruh pupuk kandang ayam dan pupuk organik cair (POC) sabut kelapa terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays saccharata sturt) varietas Talenta

Khalifatunnisa, Ericha Putri (2023) Pengaruh pupuk kandang ayam dan pupuk organik cair (POC) sabut kelapa terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays saccharata sturt) varietas Talenta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Jagung manis (Zea mays saccharata sturt.) varietas Talenta merupakan salah satu komoditas sayuran yang memiliki peluang pasar cukup luas dan memiliki peranan cukup penting sebagai salah satu sumber gizi untuk masyarakat. Namun, produksi jagung manis kerap kali mengalami fluktuatif. Faktor penyebab permasalahan ini yaitu menurunnya tingkat kesuburan tanah akibat penggunaan bahan kimia berlebih. Menurunnya tingkat kualitas tanah memerlukan perbaikan dalam aspek budidaya yaitu dengan penambahan unsur hara dalam pupuk organik untuk menggantikan pengunaan pupuk bahan kimia yang berlebih. Penggunaan pupuk kandang ayam dan pupuk organik cair (POC) sabut kelapa dapat menjadi solusi untuk masalah ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi penggunaan pupuk kandang ayam dan pupuk organik cair (POC) sabut kelapa serta mengetahui kombinasi taraf perlakuan pupuk kandang ayam dan pupuk organik cair (POC) sabut kelapa yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis varietas Talenta. Penelitian bertempat di Lahan Kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada bulan Juli hingga Oktober 2022. Metode yang digunakan ialah Rancangan Acak Kelompok dengan 2 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pertama yaitu pupuk kandang ayam = 0 t ha-1 (a₀); 10 t ha-1 (a₁); 20 t ha-1 (a₂); dan 30 t ha-1 (a₃). Perlakuan kedua yaitu pupuk organik cair (POC) sabut kelapa = 0 ml per tanaman (s₀); 300 ml per tanaman (s₂); dan 500 ml per tanaman (s₃). Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat interaksi antara pupuk kandang ayam dan pupuk organik cair (POC) sabut kelapa terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis. Perlakuan pupuk kandang ayam dengan dosis 10 t ha-1 berpengaruh terhadap parameter tinggi tanaman, berat basah tongkol dengan kelobot, berat basah tongkol tanpa kelobot, nisbah pupus akar, dan indeks panen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jagung Manis; Pupuk Kandang Ayam; Hasil Pertumbuhan jagung manis; POC Sabut Kelapa
Subjects: Production, Industrial Economics > Agriculture
Farm, Farming
Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Ericha Putri Khalifatunnisa
Date Deposited: 12 May 2023 05:32
Last Modified: 12 May 2023 05:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67823

Actions (login required)

View Item View Item