Persepsi mahasiswa tentang Childfree (pasangan suami Istri tanpa anak) : Penelitian pada mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Hilmy, Muhammad Irfan Rahman (2023) Persepsi mahasiswa tentang Childfree (pasangan suami Istri tanpa anak) : Penelitian pada mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER_1-1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak_1-1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy

Abstract

Akhir-akhir ini jagat sosial di Indonesia diramaikan dengan konsep pernikahan tanpa anak atau disebut dengan konsep childfree. Konsep ini diterapkan dan diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia oleh salah satu influencer bernama Gita Savitri. Hal tersebut memancing perhatian banyak masyarakat Indonesia. Ada yang mendukung penerapan konsep tersebut, dan adapula yang menentangnya karena dirasa tidak sesuai dengan kultur masyarakat dan menentang norma yang berlaku. Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang childfree dalam persepsi individu melalui kegiatan wawancara terhadap mahasiswa sosiologi UIN Bandung. Beberapa rumusan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi mahasiswa sosiologi terhadap childfree, 2) Bagaimana keputusan mahasiswa untuk menikah dan mempunyai anak, dan 3) Apa saja dampak dari keberadaan childfree. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi pada beberapa mahasiswa sosiologi selaku informan. Kemudian peneliti memilih teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead sebagai perspektif teori dan sebagai rujukan analisis data. Penemuan dalam penelitian meliputi: 1) Persepsi mahasiswa yang ditujukan terhadap childfree terbagi menjadi persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif adalah mahasiswa yang setuju dengan penerapan childfree ini, sedangkan persepsi negatif adalah mahasiswa yang menolak dengan adanya childfree, 2) Terdapat beberapa faktor pendorong atau alasan yang mempengaruhi persepsi informan terhadap childfree, seperti faktor agama, kebiasaan, minat, kebutuhan dan nilai yang dianut tiap masing-masing informan. Beberapa hal tersebut berperan besar dalam pembentukan penilaian individu terhadap suatu hal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: persepsi; childfree; pasangan; anak;
Subjects: Psychology
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Culture and Institutions
Adult Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Irfan ipay irfanhilmy
Date Deposited: 15 May 2023 01:56
Last Modified: 15 May 2023 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67830

Actions (login required)

View Item View Item