Pengaruh current ratio (CR) dan debt to asset ratio (DAR) terhadap net profit margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di indeks saham syariah indonesia (ISSI) (studi pt.berlina tbk. periode 2013-2022)

Sausan, Nissa Siti (2023) Pengaruh current ratio (CR) dan debt to asset ratio (DAR) terhadap net profit margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di indeks saham syariah indonesia (ISSI) (studi pt.berlina tbk. periode 2013-2022). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dalam berbisnis yang berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja perusahaannya serta mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dibanding perusahaan lainnya. Salah satu faktor untuk melihat kinerja suatu perusahan dilihat dari laporan keuangannya seperti rasio profitabilitas yang di proksikan dengan Net Profit Margin serta rasio keuangan lain yang menjadi variabel kontrolnya seperti rasio likuiditas yang diproksikan Current Ratio dan rasio solvabilitas yang diproksikan Debt To Asset Ratio. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin; menganalisis pengaruh Debt To Asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM); dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt To Asset Ratio (DAR) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Berlina Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtun waktu (time series) yang dibuat dari laporan keuangan annual report PT. Berlina Tbk, Tbk periode 2012-2022. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji asumsi klasik, analisis deskriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows Version 26 dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio (CR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM). hal ini ditujukan dengan nilai t_hitung sebesar 1,999 dan koefisien determinasi sebesar 33.3%. Secara persial Debt To Asset Ratio (DAR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM). hal ini ditujukan dengan nilai t_hitung sebesar 0,693 dan koefisien determinasi sebesar 5,66%. Secara simultan Current Ratio (CR) dan Debt To Asset Ratio (DAR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) yang ditunjukan oleh nilai F_hitung sebesar 3,531 dan koefisien determinasi sebesar 50,2% pada PT. Berlina Tbk. periode 2013-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Current Ratio; Debt To Asset Ratio; Net Profit Margin
Subjects: Econmics
Econmics > Systems, School and Theories of Economic
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nissa Siti Sausan
Date Deposited: 12 May 2023 03:36
Last Modified: 12 May 2023 03:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67833

Actions (login required)

View Item View Item