Pengaruh dana Tabarru'dan klaim asuransi terhadap pertumbuhan aset pada asuransi jiwa unit syariah PT.PaninDai-IchiLife periode 2011-2021

Arifiany, Zelfy (2023) Pengaruh dana Tabarru'dan klaim asuransi terhadap pertumbuhan aset pada asuransi jiwa unit syariah PT.PaninDai-IchiLife periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (572kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy

Abstract

Fluktuatif dari tingkat pertumbuhan aset asuransi syariah menandakan bahwa terdapat suatu permasalahan pada instrumen keuangan dengan basis syariah. Faktor internal maupun eksternal menjadi latar belakang penyebab dari kondisi tersebut. Dana tabarru’ dan klaim asuransi merupakan dua indikator dari sekian banyaknya yang mempengaruhi faktor internal tingkat pertumbuhan aset. Sedangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kondisi tersebut dapat dilihat dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan asuransi syariah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Dana Tabarru’ (X1) secara parsial terhadap Pertumbuhan Aset (Y); (2) pengaruh Klaim Asuransi (X2) secara parsial terhadap Pertumbuhan Aset (Y); dan (3) pengaruh Dana Tabarru’ (X1) dan Klaim Asuransi (X2) secara simultan terhadap Pertumbuhan Aset (Y). Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder PT. PaninDai-IchiLife Unit Syariah tahun 2011-2021 yang diakses dari website https://www.panindai-ichilife.co.id. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, serta teknik analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data dengan perhitungan secara manual serta bantuan Software SPSS for Windows Version 25 untuk saling memperkuat hasil perhitungan satu sama lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial nilai analisis deter-minasi antara X1 dan Y hanya mampu menjelaskan sebesar 0, 806 atau 80,6%; (2) pengaruh X2 terhadap Y sebesar 0,446 atau 44,6%; dan (3) secara simultan, pengaruh X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,571 atau 57,1%, sedangkan sisanya sebesar 42,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Hasil akhir diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, secara simultan variabel Dana Tabarru’ dan Klaim Asuransi berpengaruh positif secara signifikan terhadap Pertumbuhan Aset pada Asuransi Unit Syariah PT. PaninDai-IchiLife Periode 2011-2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dana Tabarru’; Klaim Asuransi; Pertumbuhan Aset; PT.PaninDai-IchiLife.
Subjects: Financial Economics, Finance
Insurance > Claims Insurance
Insurance > Insurance in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Zelfy Arifiany
Date Deposited: 19 May 2023 06:26
Last Modified: 19 May 2023 06:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67836

Actions (login required)

View Item View Item