Penerapan lembar kerja berbasis proyek dalam pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembuatan KIT uji daya hantar larutan menggunakan prinsip crane hidrolik: Penelitian eksperimen pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 6 Kertasari

Wahid, Dadan Rahman (2023) Penerapan lembar kerja berbasis proyek dalam pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembuatan KIT uji daya hantar larutan menggunakan prinsip crane hidrolik: Penelitian eksperimen pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 6 Kertasari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan lembar kerja berbasis proyek dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembuatan KIT uji daya hantar larutan menggunakan prinsip crane hidrolik. Metode yang diguanakan yaitu one-shot case study dengan subjek penelitian siswa kelas MIPA 1 SMA Muhammadiyah 6 Kertasari. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja berbasis proyek, lembar penilaian produk, lembar penilaian kinerja, lembar penilaian presentasi dan tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penerapan lembar kerja berbasis proyek dari masing-masing fase menunjukan hasil yang sangat baik yaitu fase menganalisis masalah dengan nilai rata-rata 90, mendesain proyek 87,5, melaksanakan penelitian 84, menyusun draft/prototype produk 100, mengukur, menilai dan memperbaiki 92 serta publikasi dan evaluasi produk mendapat nilai 100. Sementara kemampuan berpikir kreatif siswa yang diukur melalui lembar kerja berbasis proyek mendapatkan nilai rata-rata fluency 81, flexibility 76, originality 88, elaboration 80 dan evaluation 92. Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa penerapan lembar kerja berbasis proyek dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa, sebagai bekal untuk kehidupan siswa dalam pembelajaran atau kehidupan mereka di masa depan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek; kemampuan berpikir kreatif; KIT uji daya hantar larutan; crane hidrolik
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dadan Rahman Wahid
Date Deposited: 15 May 2023 03:10
Last Modified: 15 May 2023 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67857

Actions (login required)

View Item View Item