Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Per Share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Astra Agro Lestari Tbk 2007-2021

Akbar, Aditya Ilham (2023) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Per Share (DPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Astra Agro Lestari Tbk 2007-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan bisnis saat ini semakin berat dan ketat, strategi untuk memenangkan pasar menjadi hal yang harus dilakukan setiap perusahaan. Perusahaan sektor pertanian sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan ekonomi yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian. Perkembangan perusahaan yang sedang mengalami peningkatan di bidang Argobisnis ini akan menarik para Investor untuk berinvestasi. Dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan salah satunya dapat bagian dividend. Untuk melihat berapa banyak dividend yang akan dibagikan kepada investor ketika mereka berinvestasi yaitu dengan melihat Dividend Per Share (DPS) yang di peroleh setiap tahunnya, faktor yang dapat mempengaruhi Dividend Per Share (DPS) yaitu Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) menganalisa bagaimana pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Per Share (DPS) pada PT. Astra Agro Lestari Tbk secara parsial, (2) menganalisa bagaimana pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Per Share (DPS) pada PT. Astra Agro Lestari Tbk secara parsial (3), dan menganalisa bagaimana pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Dividend Per Share (DPS) pada PT. Astra Agro Lestari Tbk secara simultan. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2007–2021. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics Version 26 for Windows dan Microsoft Excel sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjuakan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Per Share (DPS) yang terbukti oleh besar nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,715 atau 71,5%. Pada variabel Net Profit Margin (NPM) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Dividend Per Share (DPS) yang terbukti oleh besar nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,617 atau 61,7%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan diketahui bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya secara simultan Earning Per Share (EPS) dan Net Profit Margin (NPM) berpengaruh signifikan terhadap Dividend Per Share (DPS) pada PT. Astra Agro Lestari Tbk periode 2007-2021. Hasil ini terbukti sesuai dengan akad ekonomi islam dan manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS); Net Profit Margin (NPM); Dividend Per Share (DPS);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Aditya Ilham Akbar
Date Deposited: 15 May 2023 00:48
Last Modified: 15 May 2023 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67870

Actions (login required)

View Item View Item