Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Multifiling Mitra Indonesia Tbk. periode 2012-2021

Azizah, Rizka Nur (2023) Pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Multifiling Mitra Indonesia Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy

Abstract

Berinvestasi pada umumnya mengharapkan keuntungan yang maksimal dengan risiko yang minimal. Dengan demikian para investor memerlukan informasi-informasi yang relevan. Salah satu rasio yang dapat digunakan untuk mengukur suatu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan ialah Return On Asset (ROA). Keuntungan yang didapat oleh perusahaan bisa diketahui dengan alat pengukuran analisis laporan keuangan seperti Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA); mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA); mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Multifiling Mitra Indonesia Tbk. Kerangka pemikiran pada penelitian ini yaitu Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap Return On Asset (ROA), sebab apabila keduanya dalam perusahaan mengalami kenaikan maka dapat menurunkan tingkat Return On Asset (ROA) yang diperoleh, begitupun sebaliknya, apabila keduanya mengalami penurunan maka ROA akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder runtun waktu (time series) yang didapat dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Multifiling Mitra Indonesia Tbk periode 2012-2021. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) CR secara parsial tidak berpengaruh terhadap ROA dengan nilai thitung ≤ ttabel = -0,732 ≤ 2,306, dan nilai signifikan 0,485 maka maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya, CR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA (2) DER seacra parsial tidak berpengaruh terhadap ROA dengan nilai thitung ≤ ttabel = -0,123 ≤ 2,306, dan nilai signifikan 0,905 maka maka Ho diterima dan Ha ditolak, artinya DER berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA (3) Kemudian secara simultan CR dan DER terhadap ROA menunjukkan nilai Fhitung dan Ftabel yaitu 0,289 < 4,74 dengan nilai signifikansi 0,758 > 0,050. Perbandingan tersebut disimpulkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, artinya CR dan DER secara simultan brepengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Asset
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rizka Nur Azizah
Date Deposited: 15 May 2023 01:52
Last Modified: 15 May 2023 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67882

Actions (login required)

View Item View Item