Pengaruh Receivable Turnover dan Working Capital Turnover terhadap Net Profit Margin pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2021

Saepulloh, Saepulloh (2023) Pengaruh Receivable Turnover dan Working Capital Turnover terhadap Net Profit Margin pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi asumsi teoritis bahwa profitabilitas dapat digunakan untuk mengukur kamampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, salah satunya dengan menggunakan net profit margin. Rasio ini diukur dengan membandingkan antara laba bersih dengan penjualan bersih. Semakin tinggi perbandinagn laba bersih terhadap penjualan bersih, maka semakin naik kinerja keuangan perusahaan. Tingkat perputaran piutang dan persediaan yang tinggi dapat memaksimalkan profitabilitas dan kinerja keuangan secara efisien. Perputaran piutang juga menunjukkan kecepatan pelunasan piutang menjadi kas kembali dan perputaran modal kerja merupakan salah satu rasio untuk mengukur atau menilai keefektifan modal kerja perusahaan selama satu periode tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Receivable Turnover terhadap Net Profit Margin PT. United Tractors Tbk secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Working Capital Turnover terhadap Net Profit Margin PT. United Tractors Tbk secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisa Receivable Turnover dan Working Capital Turnover terhadap Net Profit Margin PT. United Tractors Tbk secara simultan. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah menunjukan beberapa para ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa naik turunnya Receivable Turnover dan Working Capital Turnover memiliki pengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM). Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data yang diambil dari laporan keuangan PT. United Tractors Tbk. Periode 2012-2021. Analisis ini yang digunakan adalah analisis berganda, analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian ini adalah Receivable Turnover di PT. United Tractors Tbk.secara parsial berpengaruh terhadap Net Profit Margin dapat menjelaskan sebesar 0,660, dengan hasil pengujian hipotesis memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,154 > 2,306. Working Capital Turnover dalam PT. United Tractors Tbk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dan dapat menjelaskan sebesar 0,103, 2021 dengan hasil pengujian hipotesis memperoleh t hitung < ttabel yaitu 0,759 < 2,306 Maka dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. Receivable Turnover dan Working Capital Turnover secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin dengan hasil pengujian hipotesis memperoleh Fhitung > Ftabel atau 4,981 > 4,74. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, dengan koefisien determinasi sebesar 58,7%. Hasil ini terbukti sesuai dengan akad ekonomi islam dan Manajemen Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Receivable Turnover; Working Capital Turnover; Net Profit Margin
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Saepulloh Saepulloh
Date Deposited: 16 May 2023 03:07
Last Modified: 16 May 2023 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67890

Actions (login required)

View Item View Item