Penggunaan metode Index Card Match untuk meningkatkan hafalan terjemah pada pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MI: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Nurul Yakin Desa Cinunuk Kec.Cileunyi Kab.Bandung

Latifah, Ana Zulfia (2023) Penggunaan metode Index Card Match untuk meningkatkan hafalan terjemah pada pembelajaran Al-Qur'an Hadis di MI: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Nurul Yakin Desa Cinunuk Kec.Cileunyi Kab.Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini, banyak siswa hanya menguasai hafalan surat pendek saja dan hanya sedikit siswa hanya menguasai terjemah, akibatnya saat mengisi soal ulangan siswa mengalami kesulitan. Selain itu, rendahnya hafalan terjemah siswa di kelas IV MI Nurul Yakin sehingga mendapatkan nilai standar pada hafalan terjemah surat pendek pada pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu hafalan terjemah siswa sebelum menggunakan metode Index Card Match, proses penggunaan metode Index Card Match pada setiap siklusnya dan peningkatan hafalan terjemah siswa setelah menggunakan metode Index Card Match pada pembelajaran Al-Qur’an hadis di MI. Metode Index Card Match merupakan cara aktif dan meyenangkan untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Metode Index Card Match ini dilakukan secara berpasangan untuk menyelesaikan permasalahan belajar yang dihadapai dengan menggunakan kartu sebagai media belajarnya. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan tahapan prasiklus dahulu. Pendekatan yang digunakan adalah mixed method, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, tes lisan dan dokumentasi selama proses penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa 1) hafalan terjemah siswa kelas IV-B MI Nurul Yakin sebelum menggunakan metode Index Card Match memperoleh nilai rata-rata 49 (kurang) dan persentase ketuntasan siswa 24% (kurang sekali). Dengan begitu, sebagian besar siswa belum mencapai keberhasilan belajar. 2) Proses pembelajaran hafalan terjemah pada pelajaran Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan metode Index Card Match berjalan dengan baik di setiap siklusnya. Pada siklus I guru mencapai persentase 57,8% (kurang) dan aktivitas siswa memperoleh 69% (cukup). Siklus II aktivitas guru memperoleh persentase 89,4% (sangat baik) sedangkan aktivitas siswa menjadi 84% dengan (baik). Pada siklus III aktivitas guru persentasenya 100% (sangat baik) dan aktivitas siswa menjadi 89% (sangat baik). Hal ini dapat dikatakan bahwa pengunaan metode Index Card Match berjalan efektif. 3) Hafalan terjemah siswa setelah menggunakan metode Index Card Match mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 62,5 (cukup) dan persentase ketuntasan belajar 56% (kurang). Pada siklus II nilai rata-rata siswa berada di angka 78 (baik) sementara persentase ketuntasan belajarnya berada di angka 76,4% (baik). Pada siklus III nilai rata-rata sebesar 80 (baik sekali) sedangkan persentase ketuntasan belajar mencapai angka 80% (baik). Dengan begitu, tujuan yang diharapkan oleh peneliti dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match; Hafalan Terjemah; Al-Qur'an Hadis
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ana Zulfia Latifah
Date Deposited: 15 May 2023 04:58
Last Modified: 15 May 2023 04:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67921

Actions (login required)

View Item View Item