Pengaruh Inventory Turnover Ratio (ITR), Gross Profit Margin (GPM) dan Return on Asset (ROA) terhadap Earning per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Astra International Tbk periode 2015-2022

Idebiyah, Debi Nur (2023) Pengaruh Inventory Turnover Ratio (ITR), Gross Profit Margin (GPM) dan Return on Asset (ROA) terhadap Earning per Share (EPS) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Astra International Tbk periode 2015-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan investor dalam mengambil keputusan investasi, karna investasi harus menghasilkan laba yang menjanjikan dan investor harus bisa menekan resiko agar tidak terjadi kerugian. Sebagai pertimbangan ada beberapa faktor yang mempengaruhi laba per saham dintaranya adalah Inventory Turnover Ratio, Gross Profit dan Return On Asset. Maka peneliti tertarik untuk meneliti seberapa berpengaruh Inventory Turnover Ratio, Gross Profit Margin dan Return On Asset terhadap Earning Per Share. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan Inventory Turnover Ratio, Gross Profit Margin dan Return On Asset Terhadap Earning Per Share pada PT. Astra International Tbk Periode 2015-2022. Berdasarkan teori perputaran persediaan, laba kotor dan laba dari total aset akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan hal itu juga akan berpengaruh terhadap laba per lembar saham. Oleh karena itu jika nilai Inventory Turnover Ratio, Gross Profit Margin dan Return On Asset naik maka akan berpengaruh positif terhadap Earning Per Share. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Astra International TBk periode 2015-2022 yang diambil dari situs resmi perusahaan. Langkah analisis dalam penelitian ini meliputi analisis Asumsi klasik, analisis Deskriptif dan analisis kuantitatif yaitu Analisis regresi linear berganda, Analisis korelasi berganda, Analisis koefisien determinasi dan Analisis uji signifikansi yang perhitungannya menggunakan SPSS for Windows v.26.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Inventory Turnover Ratio berpengaruh signifikan terhadap EPS dengan hasil pengujian hipotesis dengan regresi linier berganda 3,493, Gross Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap EPS dengan hasil pengujian hipotesis dengan regresi linier berganda 0,722 dan Return On Asset secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap EPS dengan hasil pengujian hipotesis dengan regresi linier berganda 1,673. Dan secara simultan ITR, GPM dan ROA berpengaruh segnifikan terhadap EPS dengan hasil pengujian hipotesis memperoleh 11,467 > 2,74. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Inventory Turnover Ratio, Gross Profit Margin dan Return On Asset secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Earning Per Share.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover Ratio; Gross Profit Margin; Return On Asset ; Earning Per Share
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Debi Nur Idebiyah
Date Deposited: 16 May 2023 00:31
Last Modified: 26 May 2023 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67955

Actions (login required)

View Item View Item