Pengaruh pendapatan bagi hasil Musyarakah, margin Murabahah dan Istishna terhadap laba operasional pada Bank Bukopin Syariah periode 2012-2021

Fathurrahman, Dwi Rizqi (2023) Pengaruh pendapatan bagi hasil Musyarakah, margin Murabahah dan Istishna terhadap laba operasional pada Bank Bukopin Syariah periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan syariah adalah segala aktivitas yang menyangkut terkait bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya dengan berlandaskan prinsip islam. Menghindari riba adalah prinsip dalam perekonomian islam. Lahirnya akad syariah merupakan ikhtiar muslim untuk menghindari riba. Akad kerja sama antara kedua belah pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu di mana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana merupakan akad musyarakah. Suatu penjualan barang seharga barang tersebut ditambah dengan margin yang disepakati dikenal sebagai murabahah serta akada juala beli antara pembeli dan penjual dengan penyerahan dilakukan di kemudian hari dengan pembayaran sesuai kesepakatan merupakan definisis dari istishna. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perngaruh pendapatan bagi hasil musyarakah secara parsial terhadap laba operasional, pengaruh pendapatan margin murabahah secara parsial terhadap laba operasional. Pengaruh pendapatan margin istishna secara parsial terhadap laba operasional serta pendapatan bagi hasil musyarakah, margin murabahah dan istishna secara simultan terhadap laba operasional. Kerangka berpikir dalam penelitian ini mengacu pada teori ketika pendapatan bagi hasil musyarakah, margin murabahah dan istishna mengalami peningkatan maka laba operasional mengalami peningkatan. Metode dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yangdigunakan data sekunder dari laporan tahunan 2012-2021 pada bank bukopin syariah. Analisis data menggunakan asumsi klasik, deskriptif serta asosiatif. Pengalolahan menggunakan spss for windows versi 26.0 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil menunjukan bahwa secara parsial pendapatan bagi hasil musyarakah tidak berpengaruh signifikan terhadap laba operasional dengan besaran koefisien determinasi sebsar 34,5%. Secara parsial Pendapatan Margin Murabahah tidak berpengaruh signifikan terhadap laba operasional dengan besaran koefisien determinasi sebsar 2,7%. Secara parsial pendapatan margin istishna tidak berpengaruh signifikan terhadap laba operasional dengan besaran koefisien determinasi sebsar 3,7%. Secara simultan bagi hasil musyarakah, margin murabahah dan istishna secara silmutan tidak berpengaruh signifikan terhadap laba operasional dengan besaran koefisiensi determinasi 36,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah; Pendapatan Margin Murabahah; Pendapatan Margin Istishna
Subjects: Islam > Islam and Economics
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dwi Rizqi Fathurrahman
Date Deposited: 16 May 2023 00:37
Last Modified: 16 May 2023 00:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/67966

Actions (login required)

View Item View Item