Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia

Nurjaman, Kadar (2022) Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3 (1). pp. 34-40. ISSN 2828-1446

[img]
Preview
Text
16_ - Kadar Nurjaman - Ind.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16_ - Kadar Nurjaman - Ind_turnitin.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.abdimas.id/index.php/peradaban/arti...

Abstract

Pemberdayaan UMKMmerupakan salah satu prioritas nasional dalammemajukan ekonomi masyarakat.Salah satu cara untuk memberdayakan UMKMadalah dengan mengembangkan platform e-commerce untuk UMKMatau e-commerce UMKM. Meskipun potensi UMKMdi Indonesia sangat besar, masih sedikit yang memanfaatkan e-commerce. Apalagi di era globalisasi saat ini, UMKMperlu mengikuti perkembangan teknologi agar mampu bersaing dengan bisnis lain. Membangun e-commerce UMKMtidaklah mudah, mengingat karakteristik UMKM yang berbeda dengan bisnis lainnya. Oleh karena itu, beberapa hal perlu diperhatikan dalam mengembangkan e-commerce UMKM. Dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif, yang menjadi pertimbangan antara lain perlindungan hukum yang jelas, tenaga kerja yang handal, infrastruktur yang memadai, dukungan perbankan, dan dukungan pemerintah. Diharapkan dengan mempertimbangkan sejumlah poin penting tersebut, e-commerce UMKMakan semakin terbentuk sehingga tujuan pembangunan ekonomi Indonesia dapat tercapai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, E-Commerce, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Subjects: General Management
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Kadar Nurjaman
Date Deposited: 17 May 2023 04:02
Last Modified: 17 May 2023 04:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68047

Actions (login required)

View Item View Item