Dakhil Al-ra’yi dalam penafsiran tentang ayat-ayat jin dan malaikat pada tafsir Al-manar karya Muhamamad Abduh dan Rasyid Ridha

Aulia, Diaz (2022) Dakhil Al-ra’yi dalam penafsiran tentang ayat-ayat jin dan malaikat pada tafsir Al-manar karya Muhamamad Abduh dan Rasyid Ridha. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

Alquran merupakan suatu karya yang telah menyita perhatian banyak orang, melebihi semua karya paling fenomenal di seluruh dunia. Alquran juga memiliki nama lain yaitu kitabullah, dan terlahirlah ribuan bahkan jutaan kitab lainnya berkat inspirasi yang dikandungnya. Keberadaannya yang demikian meneguhkan posisi bahwa Alquran adalah sebuah karya Tuhan yang juga menjadi mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW. Secara bahasa kata kerja yang terdiri dari tiga huruf yaitu dal, kha dan lam dengan pelafalan “dakhala” bermaknakan bagian dalamnya rusak. Ditimpa oleh kerusakan dan mengandung cacat. Menurut Fayed dakhala bermakna antara lain: a.Orang yang berafilasi kepada yang bukan komunitasnya, b.Tamu juga disebut Al-dakhil karena ia masuk kerumah tuan rumah, c. Bermakna kata serapan (semua kata serapan dalam bahasa arab disebut Al-dakhil), d.Terakhir adalah orang asing yang masuk kedalam lingkungan atau wilayah orang lain dengan tujuan eksploitasi juga disebut (Al-dakhil).1. Tafsir Al-manar yang bernama tafsir Al-quran al-Hakim, namun tafsir ini lebih populer dengan nama Tafsir Al-manar, Tafsir Al-manar memperkenalkan dirinya sebagai kitab tafsir satu satunya yang menghimpun riwayat-riwayat yang shahih dan pandangan akal yang tegas, yang menjelaskan hikmah hikmah syariah sunatullah (hukum Allah yang berlaku) terhadap manusia, dan menjelaskan fungsi Al-quran sebagai petunjuk untuk seluruh manusia. Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa penafsiran Alquran yang tertuang di dalam Tafsir Al-manar adalah hasil pemikiran dan ide ide dari Muhammad Abduh dan juga Rasyid Ridha selaku muridnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-manar; Dakhil Ra’yi; Malaikat; Jin
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Diaz Aulia
Date Deposited: 17 May 2023 02:45
Last Modified: 17 May 2023 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68050

Actions (login required)

View Item View Item