Penegakan Hukum Atas Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik menurut UU no 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik : Studi kasus di wilayah Polres Sumedang

Firdaus, Fawwaz Miftah (2022) Penegakan Hukum Atas Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik menurut UU no 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik : Studi kasus di wilayah Polres Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR USTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Didalam perkembangan manusia mempunyai beberapa fase perkembangan dimana antara fase yang satu dengan yang lain terdapat sifat-sifat yang berbeda, salah satu fase dari perkembangan manusia itu adalah masa remaja, yaitu dimana masa transisi dari masa anak ke masa dewasa. Pada masa peralihan ini, seperti hal nya dibidang lain seorang anak seakan-akan berpijak pada dua kutub, yaitu kutub yang lama (masa anak) dan kutub yang baru (masa dewasa) yang akan dimasuki, oleh karenanya setiap langkah dan tindakan anak selalu diliputi keragu-raguan, dan akibat dari kebimbangan ini seorang anak akan mudah dipengaruhi pihak luar. Begitu juga pengaruh internet pada saat ini, Pengaruh internet di masyarakat kita terus mengalami peningkatan seiring banyaknya pengguna. Hal ini yang menjadikan pertimbangan untuk melakukan penelitian mengenai “Penegakan Hukum Oleh Kepolisian Resort Sumedang Terhadap Tindak Pidana Yang Melanggar Pencemaran Nama Baik Menurut UU No 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik” Secara khusus penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penegakan hukum di polresta sumedang terkait pencemaran nama baik, dan juga untuk mengetahui kendala dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik di Polresta Sumedang, selain itu juga untuk mengetahui upaya yang dilakukan Polresta Sumedang untuk mengatasi kendala dalam penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik. Permasalahan yang telah dirumuskan dipecahkan dengan menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif analitis dan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif. Dan pengumpulan data mengguanakan observasi dan wawancara. Penegakan hukum terhadap tindak pidana pencemaran nama baik di polresta sumedang ini menggunakan cara mediasi, pelaksanaannya sudah menggunakan KUHP dan untuk memperkuat dasar hukum menggunakan Undang-Undang No 19 Tahun 2016 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik lalu faktor yang menjadi kendala dalam penegkan hukum tindak pidana pencemaran nama baik di polresta sumedanga adalah faktor tenaga ahli, faktor masyarakat, faktor bukti digital, faktor tenaga ahli. Lalu upaya yang dilakukan aparat kepolisian polresta sumedang adalah sosialisasi kepada masyarakat tentang cara menggunakan internet dengan cerdas, melakukan kerjasama dengan media (online ataupun konvensional) baik dengan pemimpin atau pemilik media, melakukan tindakan internal dengan mengirimkan Surat Telegram kepada seluruh Polres yang ada dibawah koordinasi Polresta sumedang, tentang pencegahan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media online. melakukan kerjasama dengan sesame forum komunikasi pimpinan daerah yang ada di sumedang, lalu melaksanakan kerjasama dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) khususnya di wilayah sumedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penegakan; Tindak; Pidana; Pencemaran; Nama Baik:
Subjects: Law
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Fawwaz Miftah Firdaus
Date Deposited: 17 May 2023 07:53
Last Modified: 17 May 2023 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/68085

Actions (login required)

View Item View Item